November 24, 2016

Huawei Kembangkan Generasi Penerus Kirin 960 dengan Platform 10nm

Penulis: Desmal Andi
Huawei Kembangkan Generasi Penerus Kirin 960 dengan Platform 10nm  

MOBITEKNO – Huawei memang menggunakan prosesor buatannya sendiri pada beberapa produk smartphone mereka. Sukses dengan penggunaan prosesor Kirin 960 pada smartphone premium mereka seperti Huawei Mate 9, Huawei tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengembangkan prosesor generasi penerusnya, yaitu Kirin 970.

Kecepatan memang menjadi tujuan utama perusahaan asal Tiongkok ini dalam mengembangkan prosesor Kirin. Selain itu, Huawei juga menginginkan pengembangan prosesor berikutnya, tidak hanya fokus di kecepatan, tetapi juga berbagai perbaikan di sisi lainnya. Oleh sebab itu, Prosesor Kirin 970 yang sedang dikembangkan ini, akan dibuat dengan platform 10nm. Hal ini tentu berbeda dengan Kirin 970 yang masih menggunaan platform 10nm. Dengan proses 10nm, prosesor dapat bekerja maksimal tetapi memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Kirin 970 juga akan dibangun dengan chip octa core sehingga akan memiliki dukungan untuk LTE.

Keputusan Huawei untuk langsung menggunakan platform 10nm sepertinya didorong oleh keputusan para pesaingnya yang juga akan menggunakan platform 10nm. Belum lama ini memang Samsung dan Qualcomm sudah menginformasikan untuk membuat prosesor generasi berikutnya dalam platform 10nm, yaitu Exynos 8895 dan Snapdragon 835. Sampai saat ini tidak ada info detail mengenai spesifikasi Huawei Kirin 970. Huawei memang akan menggunakan prosesor ini untuk produk-produk di tahun depan.

Sumber: Uber Gizmo

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS