November 24, 2016

Harga Rp 9,5 Juta, Flagship LG V20 ‘Audiophile-centric’ Resmi Bergulir di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Harga Rp 9,5 Juta, Flagship LG V20 ‘Audiophile-centric’ Resmi Bergulir di Indonesia  

MOBITEKNO – Produsen LG memang kurang agresif memasarkan smartphone mereka di pasar Indonesia di tengah-tengah serbuan smartphone dari tiongkok, seperti Huawei, Xiamoi, OPPO, Vivo dan lain-lain.

Padahal smartphone LG, sudah mendapat tempat tersendiri di konsumen setianya. Sebut saja sejak hadirnya seri flaghsip G series, seperti G3, G4 hingga yang terbaru G5, smartphone ini cukup mendapat pujian tersendiri dari pengguna loyalnya karena membawa keunikan tersendiri. Misalnya konsep modular pada G5 yang tidak dijumpai pada smartphone yang beredar saat ini di Indonesia.

Google bahkan pernah memuji LG sebagai salah satu mitra vendor smartphone terbaiknya saat berkolaborasi mendesain smartphone Google seri Nexus. Kolaborasi terakhir mereka bisa dijumpai pada smartphone Nexus 5X sebelum Google beralih ke smartphone seri Pixel.

""

Selain seri G, LG belakangan juga menghadirkan smartphone flagship kelas premium lainnya dari seri V, seperti V10 yang baru dirilis tahun lalu. Beranjak satu tahun lebih kemudian, menutu tahun 2016, LG baru-baru ini (23/11/2016) secara resmi merilis penerus seri V10, yaitu V20 di pasar Indonesia. Kepercayaan Google pada LG bisa diindikasikan dari V20 sebagai smartphone pertama di dunia yang mengusung sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Hee Gyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia, berkata "“LG V20 menawarkan pengalaman multimedia pada level lebih tinggi melalui keistimewaan fitur audio, kamera, dan video di dalamnya. Kini kami membawa seluruh keistimewaan ini dengan penawaran istimewa bagi masyarakat Indonesia."

Menurut Rezzy Sadam, Product Specialist LG Mobile Communication Indonesia, “Selain pertama dengan Andoprid 7.0 Nougat, V20 juga merupakan smartphone pertama di dunia yang membawa chip Quad DAC (digital-analog converter) 32-bit Hi-Fi.”

Ditambahkan oleh Rezzy, adanya chip QuadDAC ES9218 SABRE HiFi besutan ESS Technology ini membuat LG V20 sanggup menghasilkan suara maksimal dengan meminimalisir distorsi dan noise dari lingkungan hingga sekitara 50 persen.

Selain itu, ada pula fungsi level suara hingga 75 tingkat, L/R balance control, dan dukungan format audio digital berdefinisi tinggi, seperti FLAC, DSD, AIFF dan ALAC. Fitur ini tentunya akan menarik pengguna smartphone yang kebetulan tergolong Hi-Fi audio enthusiast (audiophile).

Spesifikasi LG V20 terbilang cukup 'wah', sebut saja resolusi layar 5,7 inci yang tinggi (QHD, 2.560 x 1.440 pixel), prosesor Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4 GB, internal storage 64 GB (bisa ditingkatkan via MicroSD hingga 2 TB), dan baterai 3.200 mAh.

Selain layar utamanya, LG V20 juga memilki layar ekstra, disebut Second Screen, berukuran 2.1 inci ( 1040 x 160 pixel). Second screen berguna untuk menampilkan notifikasi, atau tombol akses ke berbagai aplikasi atau fungsi sistem.

""

Pada kamera, LG membekali kamera utama (belakang) V20 dengan dual lensa (16 MP dan 8 MP) untuk kebutuhan memotret sudut lebar 135 derajat (wide angle) dan atau mode portrait. Kamera depannya (selfie) juga tidak kalah menarik karena telah dilengkapi dengan sensor 5 MP dengan dukungan lensa dengan sudut pandang hingga 120 derajat. Ini berarti pengguna yang ingin selfie akan memdapat bidang protret yang lebih luas.

Tidak cukup di bagian jeroan, LG juga memakai paduan materail alumunium ringan AL6013 yang biasa digunakan sebagai bahan pesawat udara, perahu layar, dan sepeda gunung  untuk lapisan bodi belakangnya. Selain itu digunakan juga bahan Silicone Polycarbonate (Si-PC) yang melindungi bagian atas dan bawah bodi LG V20 dari risiko rusak saat terjatuh.

Material Si-PC biasa digunakan pada helm, mereduksi efek goncangan lebih dari 20 persen dibanding material konvensional. Tidak heran jika LG V20 lolos dari uji MIL-STD 810G Transit Drop Test yang dilakukan laboratorium independen untuk memenuhi standar yang diterapkan pada angkatan bersenjata Amerika Serikat. Ini berarti V20 tidak rusak meski jatuh dari ketinggian sekitar 1,2 meter.

""

Opsi pesan awal (pre-order) smartphone dengan memori internal 64 GB dan 4 GB RAM bakal dibuka sepanjang sepuluh hari terhitung sejak 25 November nanti. Pada masa tersebut, LG mematok harga Rp 9,5 juta. Selain lengkap dengan paket earphone dari B&O Play, peminat sepanjang masa pre order ini juga bakal mendapat penawaran istimewa dari mitra bisnis LG dari lintas industri. 

LG V20 ini akan ditawarkan di Indonesia melalui program pre-order mulai 25 November 2016 nanti hingga 10 hari ke depan. Pada masa pre-order ini, LG akan dipatok seharga Rp 9,5 juta dengan paket ekstra earphone B&O Play.

Pembeli selama pre-order juga bakal mendapat penawaran istimewa dari kolaborasi perusahaan dengan mitra bisnis lintas industri. Selain itu, LG juga menggandeng beberapa bank, seperti BCA, BRI, Bank Mega, dan OCBC NISP untuk pembelian secara kredit tanpa bunga dan beberapa toko online, seperti bhinneka.com dan blibli.com.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS