September 24, 2016

Bersama BEKRAF, Bukalapak Gelar Workshop di Enam Kota

Penulis: Eko Lannueardy
Bersama BEKRAF, Bukalapak Gelar Workshop di Enam Kota  

MOBITEKNO – Bukalapak (Bukalapak.com) terus memperlihatkan komitmennya untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia. Bergandengan tangan dengan BEKRAF, Bukalapak berencana untuk memberikan pelatihan atau workshop kepada UKM atau pelaku usaha ekonomi kreatif di enam kota di Indonesia yakni Bali, Semarang, Yogyakarta, Pontianak, Palembang dan Malang.

Workshop bertajuk "Pengembangan Pemasaran Karya Kreatif Melalui Media Online" ini akan melibatkan mentor dari Bukalapak dan berlangsung mulai 23 September hingga 18 Oktober 2016. Ada tiga materi utama yang diberikan yaitu cara memasarkan dan mempromosikan produk kreatif dengan memanfaatkan platform marketplace, di antaranya Tips Foto Produk, Copywriting, dan Promosi. 

BEKRAF bersama Bukalapak menggagas workshop ini bertujuan memfasilitasi pelaku usaha ekonomi kreatif di berbagai kota di Indonesia. Di tengah kemajuan era teknologi, para pelaku usaha harus mampu membidik peluang secara tepat dalam memanfaatkan teknologi agar menjangkau pasar yang lebih luas, dengan melibatkan marketplace yang telah dianggap cukup berhasil.

"Bukalapak saat ini sudah memiliki penggerak pelapak yang tersebar di 130 daerah di Indonesia. Di samping itu, Bukalapak juga memiliki anggota komunitas yang telah tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia. Dengan begitu pembinaan UKM di daerah-daerah diharapkan dapat semakin terintegrasi," ujar Rahmat Danu Andika, Head of Business Partner Bukalapak.

Hal senada juga ditegaskan oleh Sappe M.Sirait dan Direktur Pengambangan Pasar Dalam Negeri dari BEKRAF. Ia mengatakan para pelaku usaha ekonomi kreatif saat ini telah semakin berkembang dengan adanya “Platform e-dagang”. Selanjutnya perlu dukungan bagi mereka untuk pemanfaatan digital agar terus terhubung.

"Kami dari BEKRAF sangat percaya diri bahwa pasar produk ekonomi kreatif Indonesia akan meningkat. Tidak hanya dari segi produk yang kreatif, tapi juga bagaimana cara pemasaran yang kreatif agar bisa menjadi lebih unggul dan tercipta ekosistem kompetisi yang sehat. Harapannya, workshop yang kami gelar bersama Bukalapak dapat bermanfaat untuk mereka," pungkas Sappe M.Sirait.

Workshop ini juga merupakan inisiatif bersama antara BEKRAF dan Bukalapak untuk terus mengedukasi dan mendampingi para pelaku usaha ekonomi kreatif agar dapat memiliki daya saing. Diharapkan, inisiatif ini akan memperkuat promosi dan publikasi produk dan jasa kreatif dalam negeri di Indonesia maupun internasional.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS