July 24, 2016

Ini Dia Tips dari Symantec Agar Bisa Bermain Pokemon Go dengan Aman

Penulis: Desmal Andi
Ini Dia Tips dari Symantec Agar Bisa Bermain Pokemon Go dengan Aman  

MOBITEKNO –  Dalam tiga minggu terakhir, game Pokemon Go dari Niantics Lab telah menghipnotis hampir seluruh gamers di dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun baru diluncurkan di beberapa negara, tetapi game ini telah di-downlod jutaan kali dalam kurun waktu kurang dari seminggu sejak peluncurannya.

Kehebohan Pokemon Go tentunya bisa menjadi ladang baru bagi para hackers untuk meraih keuntungan. Para penjahat ini bahkan telah memoifikasi file installer Pokemon Go supaya bisa disusupi trojan jahat. Tidak hanya dari file installer, mereka juga mencoba dalam bentu lainnya, seperti alikasi cheating atau aplikasi yang membawa berbagai tips bermain Pokemon Go. Penjahat ini juga melihat peluang dari para pemain yang ingin bermain game tanpa bersusah payah, seperti memalsukan posisi GPS.

Berbagai hal juga harus diwaspadai dari permainan ini. Contohnya seperti untuk mendapatkan PokeCoin dengan gratis. Banyak diantara pemain ingin mendapatkan dengan cara cepat, melalui ‘Coins Generator” yang banyak ditawarkan oleh penjahat cyber di situs pencarian. Padahal dengan aplikasi generator ini, pemain bisa diarahkan ke bentuk-bentuk penipuan klasik. Tautan di dalamnya bisa mengarah ke situs jahat.

Melihat hal ini, perusahaan keamanan Symantec pun turun tangan agar para pemain Pokemon Go bisa bermain dengan aman dan nyaman. Symantec memberikan beberapa tips berguna untuk para pemain Pokemon Go, terutama pemain yang menginstall-nya tidak dari playstore karena gamenya belum dirilis resmi di negaranya.

Berikut ini tips atau saran dari Symantec untuk para pemain agar bisa bermain Pokemon Go dengan aman dan nyaman:

  • Hindari mengunduh Pokemon Go dari sumber-sumber yang tidak resmi karena para penyerang dapat menggunakan situs-situs itu untuk menyebarkan malware yang disamarkan sebagai aplikasi yang sah;
  • Instal pembaruan Pokemon Go untuk menghilangkan permintaan terhadap akses penuh ke akun Google Anda;
  • Jauhi sarana-sarana game-cheating karena sarana-sarana itu bisa menipu ditipu atau mungkin berisi malware;
  • Terus perbarui firmware smartphone Anda untuk mencegah kerentanan dieksploitasi;
  • Gunakan password yang kuat dan unik untuk akun Pokemon Go Anda;
  • Perhatikan izin-izin yang diminta aplikasi;
  • Instal suatu aplikasi keamanan mobile yang cocok, seperti Norton, untuk melindungi perangkat dan data Anda.

 

Tags: , , ,


COMMENTS