July 24, 2016

‘Dumb Terminal’ ini Mengubah Smartphone Android Menjadi Sebuah Laptop

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
‘Dumb Terminal’ ini Mengubah Smartphone Android Menjadi Sebuah Laptop  

MOBITEKNO – Andromium Inc., startup asal AS belum lama ini meluncurkan ‘laptop shell’ atau ‘dumb terminal’ Superbook khusus bagi pengguna smartphone. Fungsi utamanya adalah menjadikan smartphone Android dapat digunakan seperti sebuah laptop biasa.

Superbook yang ditawarkan melalui Kickstarter project ini nantinya akan dijual dengan harga relatif terjangkau (US$ 99) dan ditujukan untuk konsumen di negara-negara berkembang, seperti India, Afrika Selatan, dan beberapa negara Asia Afrika lainnya.

Sebagai dumb terminal, Superbook, berwujud seperti sebuah notebook dengan keyboard (QWERTY), layar/display (11.6 inci, 1366 x 768 pixel), baterai, multi-touch trackpad, port (mendukung microUSB dan USB Type-C). Bedanya, Superbook tidak memiliki prosesor dan RAM di dalamnya dan mengandalkan prosesor dan RAM smartphone untuk menjalankan berbagai aplikasi Android OS.

Menurut Andrew Jiang dan tim Andromium, Superbook bisa digunakan selama delapan jam dan juga dapat mengisi baterai smartphone. Untuk menggunakannya sebagai laptop, pengguna bisa langsung menghubungkan smartphone Android dengan Superbook via kabel USB.

Syaratnya, smartphone sudah memakai Android OS 5.0 (atau lebih baru), kapasitas RAM minimal 1.5 GB, prosesor dual-core atau lebih, dan area penyimpan (free storage) minimal 25 MB.

Selanjutnya, aplikasi Android khusus (terpasang di smartphone) akan mendeteksi docking Superbook dan menyesuaikan interface Android yang tampil di layar Superbook menyerupai interface Windows OS atau desktop OS lainnya. Dengan kata lain, cara kerjanya mirip seperti fitur Microsoft Continuum pada Windows 10 Mobile yang secara otomatis mengatur tampilan sesuai perangkat yang digunakannya (smartphone atau notebok/laptop).

Setahun lalu, Andromium juga mengembangkan Andromium OS yang merupakan aplikasi Android yang membuat mobile OS tersebut terlihat seperti desktop OS (adanya taskbar, tampilan desktop, start menu, multi window app, dll) saat smartphone dihubungkan dengan monitor eksternal (external display), keyboard, dan mouse.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS