May 24, 2016

Terinspirasi Boeing, Chevrolet Ciptakan Sistem Proactive Alert

Penulis: Abdillah
Terinspirasi Boeing, Chevrolet Ciptakan Sistem Proactive Alert  

MOBITEKNO – Chevrolet kembali memperlihatkan inovasinya dengan menciptakan OnStar Proactive Alert, yakni sebuah sistem yang berupaya mencegah pemilik kendaraan dari kemungkinan atau peristiwa yang tidak diinginkan saat mobil baru dijalankan.

Kerja dari sistem ini akan merasakan jika ada sesuatu yang tidak beres terhadap kendaaraan yang dijalankan. Selanjutnya, sistem akan menyampaikan sebuah notifikasi ke pengendara untuk segera melakukan pemeriksaan.

Seperti dikutip dari situs resmi Chevrolet, inovasi ini lahir karena terinspirasi Boeing 787 yang mampu mengirim pesan ke kru di darat jika dalam penerbangan terdekteksi ada bagian yang bermasalah dan perlu segera diperiksa.

Hal yang sama juga diterapkan ke dalam OnStar Proactive Alert. Sistem ini akan menghimpun semua data kendaraan saat ingin dijalankan, mulai dari komponen utama, termasuk motor stater, pompa bahan bakar hingga baterai.

Selanjutnya, semua data yang dihimpun akan dianalisa untuk mencari tahu masalah yang ditimbulkan. Dengan begitu, pemilik kendaraan bisa lebih cepat untuk membawa mobil yang bermasalah tersebut ke bengkel guna dilakukan pemeriksaan.

"Akurasi adalah kunci utama dari algoritma yang kami prediksi. Kami akan lebih mudah untuk menginformasikan ke bagian teknisi sehingga hal ini akan meminimalisir waktu kerja mereka," ujar Steve Hollad Chief Technology for Vehicle Health Management GM.

Ditambahkan oleh Steve, para teknisi tersebut juga bisa langsung mengambil keputusan dengan lebih cepat untuk mengganti suku cadang kendaraan yang dianggap bermasalah. Selain itu, waktu tunggu kendaraan di bengkel pun bisa lebih dipersingkat.

Secara opsional, sistem ini baru akan disematkan di beberapa model Chevrolet 2016, seperti Chevy Silverado, Tahoe, Suburban, Corvette dan Equinox. Tak tertutup kemungkinan, inovasi ini akan terus dikembangkan untuk semua model Chevrolet di masa depan.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS