May 24, 2016

Misi Google di Project Abacus Adalah Menghapus Metode Login Password di Android

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Misi Google di Project Abacus Adalah Menghapus Metode Login Password di Android  

MOBITEKNO – Pada konferensi developer tahunan Google I/O tahun lalu, Google sudah mengabarkan akan mengembangkan metode authentication baru untuk menggantikan password untuk melakukan login di Android. Sistem bebas password in akan dikembangkan melalui bernama Project Abacus (abacus=sempoa).

Perkembangan terbaru setelah ajang Google I/O 2016 berakhir adalah ATAP (divisi Google yang mengembangkannya) akan membagikan sistem Abacus tersebut kepada para developer-nya pada akhir tahun ini.

Menurut Google, Project Abacus akan menggunakan metode biometrik (biometrics). Sistemnya akan berjalan di belakang (background) dan memonitor sebuah kombinasi dari berbagai indikator (sinyal), seperti pola ketik (typing pattern), pola berjalan, lokasi saat ini, dan lain-lain.

Indikator ini akan membentuk apa yang disebut sebagai sebuat "Trust Score" yang dihitung menggunakan indikator tadi, serta pola suara, pitch, pengenalan wajah, dan beberapa faktor lainnya.

Dengan semakin banyak parameter yang digunakan untuk membuat suatu pola spesifik, Google berharap metode authentication ini akan semakin susah ditembus oleh pihak (pengguna) lain yang tidak berhak memakai suatu perangkat.

Kunci dari semua sistem ini terletak pada “Trust API”. Menurut Google, “Trust API” akan diuji pada "beberapa lembaga keuangan besar" dan jika pengujiannya sukses, Google akan menyediakan API-nya tersedia bagi para developer Android di seluruh dunia pada akhir tahun ini.

Meski sistem itu menarik, menjanjikan, dan lebih aman, sukses tidaknya metode ini di kalangan konsumen masih perlu dibuktikan lebih lanjut. Apabila metode authentication berbasis Proyek Abacus ini membuat kenyamanan seorang pengguna device terganggu, Ia akan dengan menonaktifkan atau memilih perangkat dengan metode yang lebih simpel.

Pasalnya tidak semua pengguna lebih memprioritaskan faktor kemananan ketimbang faktor kenyamanan. Kita tunggu saja kehadirannya di Android mendatang, entah itu Android 7.x atau Android 8.x.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS