May 24, 2016

Dengan Earphone Penerjemah Ini, Anda Bisa Ngobrol dengan Siapa Saja Tanpa Kendala Bahasa

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dengan Earphone Penerjemah Ini, Anda Bisa Ngobrol dengan Siapa Saja Tanpa Kendala Bahasa  

MOBITEKNO – Google dan Microsoft sudah mulai mengembangkan teknologi yang memungkinkan dua orang bisa berkomunikasi dengan bahasa berbeda. Sejauh ini kedua raksasa teknologi tersebut telah menunjukkan kemajuan berarti untuk mewujudkan ‘mimpi’ setiap manusia di planet ini bisa berkomunikasi secara real time tanpa kendala bahasa.

Namun, bukan Google dan Microsoft saja yang ingin mewujudkan hal tersebut. Perusahaan yang berbasis di New York, Waverly Labs, belum lama ini memperkenalkan produk earphone (earpiece/earset) terbaru yang memungkinkan seorang pengguna bisa berkomunikasi dengan bahasa berbeda dengan orang lain.

Idealnya kedua pihak yang sedang berbincang harus menggunakan earpiece yang dinamakan Pilot tersebut. Namun, jika salah satu tidak memilki Pilot, Ia dapat menggunakan aplikasi di smartphone (juga disertakan) agar bisa mendengar suara terjemahan melalui speaker smartphone.

Pilot yang mirip earphone Bluetooth ini cukup dipasang di telinga masing-masing pengguna sebelum melakukan perbincangan. Pilot akan menerjemahkan secara langsung (Waverly Labs mengklaim dengan sedikit waktu jeda) sehingga pengguna bisa langsung mendengar (suara terjemahan) yang dikatakan lawan bicaranya di earpiece Pilot yang dipakainya di telinga.

Cara kerja Pilot yang akan dijual berpasangan (dua unit) ini tidak dijelaskan secara detail oleh Waverly Labs. Pilot mengunakan “translation technology" yang terhubung dengan aplikasi khusus di smartphone yang bisa bekerja secara offline (tanpa biaya koneksi data). Belum diketahui juga machine translation engine apa yang digunakan pada earpiece Pliot tersebut.

Selain berfungsi sebagai penerjemah, Pilot juga bisa digunakan untuk mendengar musik layaknya earphone Bluetooth biasa. Waverly Labs akan menawarkan produk Pilot dengan metode pembiayaan crowdfunding Indiegogo mulai tanggal 25 Mei 2016. Rencananya, produk yang mulai dirilis pada paruh pertama tahun depan ini akan dijual seharga US$ 299.

Produk awal Pilot yang tersedia dalam warna hitam, merah, dan putih ini mendukung terjemahan bahasa Jerman, Inggris English, Spanyol, Perancis, dan Italia. Apabila sukses, Waverly Labs akan akan meneydiakan dukungannya pada bahasa Slavia, Semitic, Hindi, dan beberapa bahasa dari negara Asia Timur dan Afrika.

Sebagai proyek pendanaan yang bersumber dari publik (crowdfunding project),  Indiegogo atau Kickstarter, tentu memiliki risiko seandainya kreator Pilot sekaligus pendiri Waverly Labs, Andrew Ochoa tidak menepati janjinya setelah waktu deadline yang ditentukan.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS