December 23, 2016

Awas, Ada iPhone 7 Plus yang Modul Kameranya Datang dengan Kondisi ‘Sekarat’

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Awas, Ada iPhone 7 Plus yang  Modul Kameranya Datang dengan Kondisi ‘Sekarat’  

MOBITEKNO – Fitur kamera utama (belakang) berganda (dual camera) pertama kali diadopsi oleh Apple pada smartphone iPhone 7 Plus. Meski bukan smartphone pertama yang mengusung konfigurasi dual camera, respons pengguna terhadap kualitas hasil fotonya sejauh ini sangat positif.

Apple memang dikenal tidak mau 'serba tanggung' dalam menerapkan fitur baru pada produknya. Baik fitur  yang pertama kali dirintis atau mengikuti tren yang sedang terjadi.

Kualitas fotonya yang ciamik ditegaskan dengan kerapnya iPhone 7 Plus, selain Samsung Galaxy S7, menjadi acuan/benchmark kamera smartphone.

Namun, tak ada gading yang tak retak. Seperti halnya produk-produk baru lainnya, iPhone 7 Plus pun bukan produk yang sempurna. Adanya masalah atau anomali produk biasanya baru ditemui setelah produk tersebut digunakan secara luas oleh konsumen.

""

Menurut laporan media BGR, sejumlah pengguna iPhone 7 Plus mengaku mengalami modul kamera yang tidak bekerja secara normal. Mereka menyebut kameranya mengalami kondisi 'sekarat' (dying).

Indikasinya terlihat saat kamera iPhone 7 Plus dipakai memotret, baik dengan aplikasi bawaan atau third party, hasil fotonya akan berwarna gelap atau hitam.

Bahkan jika tidak berwarna hitam, hasil fotonya akan cenderung berwarna ungu (purple) atau kehijauan. Tidak itu saja, pengguna akan mendapati pesan di layar "Emergency iPhone needs to cool down" meski iPhone 7 Plus sebenarnya tidak mengalami kepanasan (overheat).

Beberapa pengguna iPhone 7 Plus yang mengalami masalah modul kamera 'dying' membawanya ke Apple Store dan mendapat konfirmasi akan penggantian unit (replacement product). Kuat dugaan Apple belum menemukan solusi untuk masalah tersebut. Pasalnya, Apple belum menjelaskan lebih jauh apakah modulnya memang cacat atau adal hal lainnya.

Tags: , , ,


COMMENTS