September 23, 2016

Smart Messaging Google Allo Sudah Tersedia di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Smart Messaging Google Allo Sudah Tersedia di Indonesia  

MOBITEKNO – Allo sempat diperkenalkan di ajang Google I/O bulan Mei 2016 lalu. Kini, Google akhirnya menyediakan aplikasi messaging dengan dukungan assistant bot ini untuk diunduh pengguna smartphone (Android dan iOS) di Indonesia.

Google Allo disebut sebagai smart messaging karena kemampuan personal asistennya (Google Assistant bot) yang bisa berinteraksi dan membantu penggunanya dalam melakukan banyak hal. Sekali lagi, banyak hal karena nantinya Google akan mengajak pihak ketiga untuk membuat bot menjadi lebih cerdas dan bisa memenuhi beragam kebutuhan informasi pengguna.

Saat ini, Assistant bot bisa membantu pengguna mencari informasi suatu lokasi dengan dukungan layanan Maps, mengatur jadwal agenda/meeting, mencari video di YouTube, dan menterjemahkan via layanan Translate, perckapan sederhana, dan berbagai aktivitas lainnya di era online saat ini.

""

Dengan kata lain, ‘gudang data’ yang dimiliki Google selama ini bisa langsung diakses dari Allo (tanpa harus melalui search engine dari browser) melalui perantaraan assistant bot yang siap membantu setiap saat. 

Google sangat membanggakan fitur ini karena inilah menjadi faktor pembeda atau diferensiasi Allo dari aplikasi messaging lainnya, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, LINE, telegram dan lain-lainnya.

Selain personal Google Assistant, sederet fitur menarik juga hadir di Allo. Antara lain Smart Reply, Ink, Sticker, Shout/Whisper, dan Incognito mode.

""

Fitur ‘Smart Reply’ dari Allo menjadi menarik karena kemampuannya menampilkan beberapa opsi kata atau kalimat untuk membalas pesan tanpa intervensi pengguna. Kecerdasan ‘Smart Reply’ akan semakin meningkat sejalan dengan penggunaan Allo dalam mempelajari kebiasaan penggunanya.

Fitur ‘Incognito mode’ ditujukan bagi pengguna yang menjunjung tinggi privasi dan keamanan. Fitur ini akan meng-encrypt percakapan (chat) pengguna memakai standar Transport Layer Security (TLS). Allo juga menyediakan sesi percakapan dengan batas waktu (dengan batas waktu) agar privasi lebih .

Seperti aplikasi messaging lainnya, Allo juga menggunakan nomor telepon pengguna untuk aktivasi Allo. Selain itu, Allo juga ‘mengais’ daftar contacts dari phonebook atau nomor telepon pengguna untuk memeriksa siap saja yang telah menggunakan Allo agar bisa dihubungioleh pengguna via Allo.

Bagi pengguna smartphone yang masih belum mendaptakan opsi untuk meng-install aplikasi Allo di Play Store atau App Store harap bersabar. Ddalam beberapa hari ini Google akan mengirimkan pesan ketersediaannya jika Anda telah melakukan registrasi sebelumnya.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS