August 23, 2016

Walau Windows Phone Tak Kunjung Berkembang, Microsoft Masih ‘Eksis’ dan Untung dari Platform Android

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Walau Windows Phone Tak Kunjung Berkembang, Microsoft Masih ‘Eksis’ dan Untung dari Platform Android  

MOBITEKNO – Aplikasi Microsoft, seperti Skype, Outlook, OneDrive, dan Office akan termuat langsung (pre-loaded) pada sejumlah smartphone Lenovo Android sebagai bagian dari kesepakatan keduanya belum lama ini. Kolaborasi Microsoft dan Lenovo yang sudah terjalin erat di segmen PC/server kini berlanjut di mobile smartphone.

Nick Parker, Corporate VP OEM Division Microsoft menyatakan, “Microsoft antusias dengan dimuatnya productivity app kami di perangkat premium Lenovo. Kombinasi aplikasi Microsoft dan device Android Lenovo akan mendukung konsumen menjadi lebih produktif, terkoneksi, dan mencapai tujuan lainnya.”

Lebih jauh, kolaborasi Microsoft dan Lenovo juga berkaitan dengan perjanjian lintas-lisensi paten (patent cross-licensing agreement) yang berlaku bukan hanya untup prodk Lenovo tapi juga produk dari divisi Motorola. Dengan demikian, raksasa TI tiongkok ini akan mendapat akses pada sejumlah teknologi Microsoft.

Christian Eigen, Kepala Corporate Alliances Lenovo dalam sambutannya berkaa, “Kerjsama ini akan membuka peluang baru bagi konsumen Lenovo dalam memanfaatkan berbagai aplikasi populer Microsoft.”

Sebagai satu dari sepuluh besar produsen smartphone terbesar dunia, Lenovo diperkirakan akan memasarkan jutaan Android devices ke seluruh dunia di tahun-tahun mendatang. Lenovo belakangan ini menghadapi persaingan kuat di dunia smartphone dari sesama produsen Tiongkok, seperti Oppo, Xiaomi, Huawei, dan Yulong (Coolpad).

Tahun lalu, produsen smartphone terbesar di dunia Samsung juga menyertakan aplikasi Microsoft pada smartphone dan tablet premiumnya. Produsen lainnya, seperti Asus, Xiaomi, dan LG pun dikabarkan telah melakukan perjanjian lisensi dengan Microsoft agar bisa menggunakan berbagai berbagai paten teknologi Microsoft di mobile.

Meski platform mobile Windows Phone-nya kurang berhasil, berbagai kerjasama lisensi dengan sejumlah produsen smartphone Android memberikan kontribusi keuntungan yang tidak sedikit bagi Microsoft. Setidaknya Microsoft mendapat pemasukan US$ 2 miliar dari lisensi paten dan IP (intellectual property) milinya dari sejumlah prodsuen samrtphone Android.

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS