August 23, 2016

Resmi Bergulir, Nexus Device dan LG V20 Jadi yang Pertama Disambangi Android 7.0 Nougat

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Resmi Bergulir, Nexus Device dan LG V20 Jadi yang Pertama Disambangi Android 7.0 Nougat  

MOBITEKNO – Terhitung sejak 22 Augustus 2016, Google secara resmi menggulirkan sistem operasi mobile terbarunya, Android 7.0 Nougat. Seperti versi sebelumnya, perangkat yang mendapatkan giliran pertama adalah perangkat Nexus dari Google.

Menurut Google, sejumlah perangkat Nexus yang akan kedatangan update over-the-air update (OTA update) Android 7.0 Nougat dalam minggu-minggu mendatang, di antaranya Nexus 6P (Huawei), Nexus 5X (LG), Nexus 6 (Motorola), dan tablet Nexus 9 (HTC).

Selain perangkat Nexus, tablet Google Pixel C dan sejumlah smartphone entry level Android One juga akan kedatangan fitur baru Android 7.0 Nougat karena update mobile OS terbaru tersebut juga tersedia.

Sayangnya, Google belum memberi kepastian apakah juga akan menyediakan update OTA Android 7 untuk samrtphone Nexus 5 awal. Google hanya memberi konfirmasi bahwa smatphone LG V20 akan menjadi smartphone pertama di pasar dengan bawaan OS Android 7 mendahului smartphone Google Nexus 2016 yang akan segera dirilis.

Meski tidak dianggap membawa perubahan signifikan dari sisi UI/UX jika dibandingkan Android 6.0 Marshmallow sebelumnya, Android 7.0 Nougat menyediakan sederet fitur terbaru yang menarik.

Beberapa di antaranya, seperti Multi-window, Quick Settings control (Bluetooth, Wi-Fi, flashlight), Direct Reply untuk notifikasi, “dozier” Doze mode untuk menghemat baterai lebih lanjut, dukungan API Vulkan 3D, Daydream VR, dan enkripsi berbasis file.

Pengguna Android juga bisa lebih berkespresi saat melakukan chat dengan bertambhnay koleksi emoji hingga 1500 jenis. Menurut Google setidaknya ada 250 fitur baru yang dihadirkan di Android 7.0 Nougat.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS