June 23, 2016

Robot Epson Ini Miliki Sensor Tekanan, Dapat Lakukan Tugas Sulit Secara Otomatis

Penulis: Desmal Andi
Robot Epson Ini Miliki Sensor Tekanan, Dapat Lakukan Tugas Sulit Secara Otomatis  

MOBITEKNO – Dunia industri di era modern ini perlahan tapi pasti mulai menggantikan sumber daya pekerjanya  dengan sejumlah robot untuk hasil yang pebih presisi dan sempurna. Seiko Epson Corporation pun menyadari akan hal tersebut dan sudah sejak lama mengembangkan Robot Epson S250 Series yang mendukung high precision force sensors. Kini, robot tersebut sudah siap dipesan mulai bulan Juni ini untuk industri yang membutuhkannya.

 Robot Epson S250 Series ini merupakan jenis robot enam axis dan SCARA (Selective Compliant Assembly Articulated Arm). Kemampuannya cukup fleksibel. Memanfaatkan teknologi Epson piezoelectric Quartz, sensor tekanan terbaru yang ada di robot ini cukup sensitif sehingga memungkinkan sensor-sensor tersebut merasakan tekanan dalam satuan terkecil sekalipun yang datang dari enam arah tekanan. Hal ini membuat robot dapat bergerak sangat fleksibel sehingga dapat mendukung proses produksi yang kompleks dan dapat meningkatkan produktifitas.

“Dengan sensor tekanan terbaru ini merupakan pengembangan signifikan bagi Epson dan bagi industri manufaktur pada umumnya,” ujar Yoneharu Fukushima, COO Epson Robotics Solutions Operations Division. “Sebagai perusaahaan yang berdedikasi untuk inovasi manufaktu,dengan sensor terbaru membantu memperluas aplikasi robot dan membawa kami selangkah lebih maju dalam mencapai tujuan kami yaitu menciptakan dunia dimana robot dapat membantu orang-orang alam berbagai situasi,” tambah Fukushima.

Banyak pabrik yang mulai beralih ke robot untuk mengejar komprtisi yang semakin tinggi. Oleh sebab itulah, inovasi sensor terbaru dari Epson menjawab kebutuhan industri ini dan selangah lebih maju dalam memenuhi kebutuhan perusahaan untuk menggunakan robot dalam meningkatkan produksi. Epson S250 Series memungkinkan robot merasakan tekanan hingga batas 0,1 N, sehingga robot tersebut dapat mengoperasikanbeberapa pekerjaan yang kompleks secara otomatis.

“Berdasarkan dari data IDC, biaya belanja robot di kawasan Asia tenggara menjadi dua kali lipat pada tahun 2019 nanti. Epson berkomitmenuntuk membawa inovasi terbaru bagi para pengguna untuk membantu mereka mencapai tujuan perusahaan,” kata Ng Ngee Khiang, Regional Gnaral Manager Epson Robotics Division.

Saat ini, permintaan terhadap industri robot dan aplikasinya memang cukup tinggi, terutama di kawasan Asia seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapore, dan Thailand. Untuk itu, Epson S250 Series terbaru ini sudah tersedia mulai awal bulan Juni ini untuk membantu industri dalam meningkatkan kapasitas produksinya.

Tags: , , , ,


COMMENTS