June 23, 2016

Herbet Ang: Acer Sangat Serius di Pasar Notebook 2-in-1

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Herbet Ang: Acer Sangat Serius di Pasar Notebook 2-in-1  

MOBITEKNO – Acer mengambil momen bulan Ramadhan ini dengan merilis sejumlah produk terbarunya dalam dua acara yang dilangsungkan berdekatan. Setelah menggelar acara pertama bersama AMD untuk rilis notebook-nya dengan prosesor AMD APU generasi ke-7, Acer kembali menggelar acara peluncuran produk terbarunya di Indonesia yang sebagian besar diperkuat dengan prosesor Intel Core generasi ke-6 terbaru.

Tidak tanggung-tangung, ada selusin produk dengan inovasi dan desain terbarunya mulai dari notebook, termasuk andalannya notebook 2-in-1, PC all-in-one, PC komersial, desktop, produk gaming Predator, hingga projector.

Dari selusin produk terbaru itu, ada dua notebook 2-in-1 yang sangat dijagokan Acer untuk ditawarkan di segmen menengah ke atas. Keduanya adalah notebook Switch Alpha 12 dan Aspire S13.

Selain kedua notebook premium tersebut, Acer juga merilis PC ‘stackable‘ Revo Build M1-601 dan notebook gaming Predator 17 X (engineering sample) dengan GPU desktop yang mendukung teknologi VR.

Masih ada produk menarik lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu notebook Acer One 10+, Switch 10E, Switch12 E, One 14, Aspire E5-475, Chromebook 14, AiO AZ20-780, dan mini desktop Predator G1.

Keseriusan Acer menggarap segmen notebook 2-in-1 ditekankan Herbet Ang, Presdir Acer Indonesia, dengan dirilisnya empat seri notebook kategori tersebut di pasar Indoenesia. Langkah ini ditempuh Acer untuk mempertahankan dominasinya di pasar Tanah Air terutama di segmen notebook 2-in-1. Menurut klaim Acer, saat ini mereka telah menguasai sekitar 80 persen pangsa pasar PC 2-in-1 di Indonesia.

Produk dengan desain paling elegan dihadirkan pada notebook Aspire S13 dengan bahan premium dan ramping. Menurut Acer, ini merupakan salah satu notebook teramping di kelas 13 inci (tebal hanya 14,58 mm).

Notebook peraih penghargaan desain Red Dot Awards 2016 ini juga dilapisi bahan berkontur ‘nano–imprinted’ dengan sentuhan bagian ujung diamond-cut serta engsel metal. Untuk penggunaan di ruangan minim cahaya, keyboard Aspire S13 juga telah dibenamkan backlit LED.

Acer Aspire S13 dengan layar Full-HD IPS 13.3 inci ini juga peduli dengan kesehatan mata pengguna. Ini dibuktikannya dengan adanya fasilitas BlueLight Shield untuk meminimalisir dampak buruk emisi sinar biru terhadap mata pengguna (agar tidak cepat lelah dan perih).

Profilnya yang ramping/tipis tidak lantas mengorbankan daya tahan baterainya. Menurut Acer, Aspire S13 sanggup digunakan (pada penggunaan normal) hingga 13 jam. Daya tahan baterai yang cukup ‘perkasa’ ini juga dimanfaatkan Acer untuk menghadirkan fungsi ekstra sebagai ‘power bank’ untuk mengisi baterai smartphone melalui port USB 3.0-nya. Pengisian baterai smartphone bahkan bisa dilakukan meski notebook dalam kondisi OFF (power-off charging).

Aspire S13 ditenagai prosesor Intel generasi keenam (Core i3-6100U, i5-6200U, i7-6500U), integrated graphics (Intel HD Graphics 520), RAM LPDDR3 4/8GB, dan media penyimpanan SSD sebesar 128/256GB.

Jagoan notebook 2-in-1 lain yang juga menarik adalah notebook ultra portable Switch Alpha 12. Produk alternatif Microsoft Surface Pro 4 ini telah dilengkapi dengan layar sentuh 12 inci (resolusi 2160 x 1440 pixel), keyboard detachable (backlit keyboard), stylus Acer Active Pen, port USB 3.1 Type-C, dan fitur transfer data Wireless WiGig.

Salah satu inovasi menarik Acer pada Switch Alpha 12 adalah teknologi pendingin (cooling system) tanpa kipas yang disebutnya LiquidLoop. Metodenya menyerupai metode liquid cooling system yang diterapkan pada smartphone Samsung atau Lumia.

Sistem pendingin LiquidLoop pada Switch Alpha 12 juga lebih unggul ingin dibandingan dengan sistem pendinginan pada Surface Pro 4 karena tidak membutuhkan kipas kecil tambahan di dalamnya.

LiquidLoop menggunakan heat pipe untuk membuang panas dari prosesor tanpa bantuan kipas atau radiator. Dengan demikian, Switch Alpha 12 bekerja lebih hening dibandingkan notebook dengan sistem HSF tapi prosesor dan komponen lainnya tetap bersuhu stabil.

Seperti juga Aspire S13, Switch Alpha 12 dilengkapi dengan pilihan prosesor Intel Core kelas atas (i5-6200U atau i7-6500U) dengan GPU Intel HD Graphics, RAM LPDDR3 berkapasitas 8 GB, dan media penyimpanan SSD 256 GB atau 512 GB.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS