April 23, 2016

Gordon Murray Design dan Shell Perkenalkan Mobil Konsep Hemat Energi

Penulis: Desmal Andi
Gordon Murray Design dan Shell Perkenalkan Mobil Konsep Hemat Energi  

MOBITEKNO – Isu ‘Go Green’ yang banyak disuarakan oleh berbagai pihak membuat banyak industri otomotif turut mengembangkan mobil-mobil yang hemat energi. Begitu juga dengan Shell yang bekerjasama dengan Gordon Murray Design sejak tiga tahun lalu untuk merancang dan membuat sebuah kendaraan yang hemat energi.

Dibantu oleh Geo Technology, kerjasama ini akhirnya menghasilkan sebuah mobil konsep yang cocok digunakan untuk area perkotaan. Konsep mobil ini sebenarnya merupakan penyempurnaan dari T.25 City Car buatan Gordon Murray yang hadir di tahun 2010. Rencanany, mobil konsep ini akan hadir di Beijing Motor Show 2016.

Ketiga pihak yang melakukan kerjasama ini merupakan perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang desain, lubrikasi, dan mesin. Mobil konsep Shell ini dapat mereduksi penggunaan energi hingga 34 persen dibandingkan model city car yang ada saat ini. Bahkan, jika dibandingkan dengan model SUV, mobil ini dapat menghemat energi hingga 60 persen.

“Proyek ini menunjukkan bahwa kami menggunakan teknologi terbaik untuk menghasilkan mobil ini,termasuk untuk jalur distribusi pelumasan. Kami dapat menghemat penggunaan energi dan mengurangi emisi CO2,” ujar Mark Gainsborough, Executive Vice President Shell Global Lubricant, seperti dikutip dari Carscoops.

Tidak main-main dengan pengembangan mobil ini, ketiganya telah melakukan pengujian di Inggris dan hasilnya mobil konsep ini mengkonsumsi bahan bakar hanya 2,64 liter untuk 100 km dengan kecepatan konstan sekitar 70 km/jam. Gas buang mobil ini juga lebih rendah sekitar 28 persen dari city car lainnya atau 32 persen dari mobil hybrid yang ada saat ini.

Karena untuk perkotaan, desain mobil konsep ini dibuat kompak dengan tiga penumpang di dalamnya, termasuk pengemudi. Bangku pengemudi berada di area tengah dengan dua bangku penumpang di belakangnya dan agak menyamping.

Sumber: Carscoops

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS