February 23, 2016

Obi MV1: Desain Menarik dan Terjangkau Jadi Andalan Smartphone Rintisan Mantan CEO Apple

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Obi MV1: Desain Menarik dan Terjangkau Jadi Andalan Smartphone Rintisan Mantan CEO Apple  

MOBITEKNO – Tahun lalu, mantan CEO Apple dan PepsiCo, John Sculley, telah mengumumkan ‘comeback’-nya di kancah industri TI, khususnya industri smartphone dengan mendirikan perusahaan Obi Worldphone.

Berbeda dengan Apple, segmentasi smartphone Obi Worldphone adalah konsumen yang sensitif dengan harga produk. Dengan kata lain, smartphone Obi ditujukan bagi puluhan rjuta pengguna smartphone di negara-negara berkembang Asia dan Afrika.

Pada MWC 2016 kali, Obi kembali meluncurkan smartphone Android terbarunya Obi MV1 setelah tahun lalu merilis Obi SF1 dan Obi SJ1.5.

Berdasarkan spesifikasinya, Obi MV1 bisa dikategorikan sebagai smartphone entry-level. Dengan layar IPS 5 inci (HD, 1280 x 720 pixel, 294 ppi) berbalut Gorilla Glass 3, Obi MV1 ‘hanya’ diperkuat chipset Snapdragon 212 (1.3 GHz quad-core, GPU Adreno 304) dengan dua opsi RAM (1 GB atau 2 GB), baterai Li-Ion, 2500 mAh,

Jangan berharap Obi MV1 akan dilengkapi dengan sensor yang super lengkap. Sebagai smartphone terjangkau, Obi MV1 hanya dibekali sensor Accelerometer (gravity), proximity, dan sensor cahaya (ALS)

Kapasitas internal storage-nya (16 GB) bisa ditingkatkan via ekspansi media eksternal MicrosSD (hingga 64 GB). Kamera utama akan menggunakan image sensor OmniVision AF OV8865 8 MP (LED flash, f/2.2 aperture) yang juga bisa merekam video Full HD 30 FPS. Kamera depannya sendiri hanya dapat menghasilkan foto selfie berkualitas 2 MP.

Salah satu keunikan Obi MV1 adalah layarnya yang sedikit muncul (tidak sejajar bodi) yang disebut "Floating Display". Meski harganya relatif murah, Obi MV1 tidak terlihat ‘murahan’ karena memiliki desain bodi (Polycarbonate dengan anti-fade UV coating) menarik yang disebut “Iconic Shape”.

Menurut Sculley, Obi MV1 adalah sebuah smartphone terjangkau yang tidak mengorbankan (terlalu banyak) kecanggihan teknologi dan desain menarik. Hal menarik lainnya adalah Obi MV1 akan hadir dalam dua versi, yaitu versi bersistem operasi Android 5.1 Lollipop dan versi Cyanogen OS 12.1.1.

Menurut Obi, versi Cyanogen OS 12.1.1 akan cocok bagi pengguna yang peduli dengan sistem sekuriti yang lebih aman, opsi privasi lengkap, dan adanya fasilitas customization sistem yang ‘melimpah’.

Obi MV1 yang nantinya juga akan dipasarkan di wilayah Eropa dan Amerika Selatan akan ditawarkan di pasar seharga US$ 139 (RAM 1 GB) dan US$ 149 (RAM 2 GB).

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS