February 23, 2016

Bekerjasama dengan Pirelli, Astra Otoparts Hadirkan Ban Aspira Premio untuk Rider Roda 2

Penulis: Desmal Andi
Bekerjasama dengan Pirelli, Astra Otoparts Hadirkan Ban Aspira Premio untuk Rider Roda 2  

MOBITEKNO – Semakin meningkatnya populasi sepeda motor di Indonesia, membuat banyak pihak untuk turut memikirkan masalah keselamatan di jalan raya, terutama untuk para pengemudinya. Para pengendara pun juga harus dituntut untuk selalu mempertimbangkan faktor keselamatan dirinya dan sepeda motor tunggangannya. Pemilihan suku cadang harus dipertimbangkan dengan matang, termasuk ban yang menjadi hal penting dari sebuah sepeda motor.

Karena ban turut berperan penting dalam menentukan performa, kesematan, dan kenyamanan berkendara dengan sepeda motor, pada hari ini, Selasa, 23 Februari 2016, PT Astra Otoparts Tbk bekerjasama dengan Pirelli menghadirkan ban motor Aspira Premio di Indonesia. Kerjasama yang dibentuk dalam sebuah perusahaan patungan, PT Evoluzione Tyres ini akan menyediakan rangkaian ban Aspira Premio dalam tiga varian, yaitu Urbano, Sportivo, dan Sportivo RS.

“Di Indonesia, saat ini masih banyak pengendara roda dua yang belum mengerti peruntukkan sebuah ban motor. Mereka biasanya hanya mengandalkan kepada kepraktisan saja,” ujar Yusak Kristian, Direktur PT Astra Otoparts Tbk saat meluncurkan Aspira Premio di Rolling Stone Cafe. “Aspira Premio didesain dengan mengedepankan kualitas yang superior sehingga dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan berbagai hal positif lainna bagi penngendara roda dua di Indonesia,”tambah Yusak.

Aspira Premio sendiri hadir dalam tiga varian yang telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Tipe urbano hadir untuk penggunaan sehari-hari dengan medan perkotaan yang rata dan memiliki ketahanan baik di jalan kering maupun basah. Tipe Sportivo lebih mengarah ke penggunaan dengan jarak jauh. Sportivo merupakan ban sporty touring sehingga cocok digunakan bagi pengendara yang sering berkelana jauh karena memiliki performa manuver yang lebih baik. Sementara tipe ketiga yaitu Sportivo RS diciptakan untuk memberikan performa berkendara maksimal, baik di jalan umum maupun sirkuit. Sportivo RS menggunakan kompon silika yang dapat memberikan traksi maksimal di kecepatan tinggi.

“Sportivo RS memang dirancang untuk kecepatan tinggi dengan cengkeraman yang kuat pada saat digunakan bermanuver. Ban ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi, termasuk saat pengereman di jalan basah,” kata Alessandro Monzani, R&D PT Evoluzione Tyres.

Untuk penjualannya, PT Astra Otoparts berencana akan memproduksi ban Aspira Premio sekitar 1,5 juta unit di tahun 2016. Jumlah ini tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga ekspor ke luar negeri. Dari data Astra Otoparts, pada tahun 2015 saja populasi kendaraan sepeda motor meningkat sebesar 4.904.367 unit dari 74.879.807 unit pada tahun 2014. Oleh sebab itu, potensi penjualan ban masih terbuka lebar di Indonesia.

Di kesempatan tersebut, PT Astra Otoparts juga langsung menguji kemampuan ban Aspira Premio dengan mengajak touring singkat dari lokasi peluncuran di Jakarta Selatan sampai Ancol. Sejumlah komunitas roda dua yang diundang turut meramaikan perjalanan touring singkat ini. 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES