December 22, 2016

Ini Jawaban OLX Indonesia Terkait Tudingan Opera Mengenai Penggunaan Pelacak

Penulis: Eko Lannueardy
Ini Jawaban OLX Indonesia Terkait Tudingan Opera Mengenai Penggunaan Pelacak  

MOBITEKNO – Awal November 2016 lalu Opera merilis studinya yang melaporkan penggunaan pelacak dan HTTPS di sejumlah layanan e-commerce besar. Munculnya laporan tersebut tak sedikit membuat para pelaku e-commerce meradang. 

Pasalnya, laporan dari Opera tersebut menyebutkan bahwa dengan adanya pelacak di dalam aplikasi mobile atau website yang dikembangkan, e-commerce bisa dengan mudah mendapatkan data-data sensitif milik pengguna layanan. 

Tak hanya Nama dan Tempat Tinggal, Opera juga menyebutkan data-data sensitif lainnya yang bisa di-capture oleh pelacak yang terpasang di dalam aplikasi atau website e-commerce adalah Alamat E-Mail, Nomor Telepon hingga Data Perbankan milik pengguna.

Dari laporan tersebut, OLX sebagai salah satu pelaku e-commerce terbesar juga ikut dituding oleh Opera terkait dengan pemasangan pelacak yang ada di dalam aplikasi mobile yang dikembangkannya.

Menanggapi hal itu, OLX lewat Rendra Toro, Technical Manager OLX Indonesia di hadapan sejumlah media di Jakarta, (21/12) menegaskan bahwa OLX memang memasang pelacak di dalam aplikasi mobile yang dikembangkannya.

"Kami akui, OLX Indonesia memang menggunakan ratusan pelacak di dalam aplikasi mobile yang dikembangkannya. Tak seperti yang disangkakan oleh Opera, pelacak yang ada di dalam aplikasi kami tak sama sekali terkait dengan data-data sensitif pengguna," ujar Rendra.

Ditambahkan oleh Rendra, pelacak-pelacak yang terpasang di dalam aplikasi OLX lebih ditujukan untuk melihat kebiasaan pengguna dalam bernavigasi di dalam aplikasi. Bahkan, tak hanya OLX, banyak e-commerce yang juga menggunakan pelacak serupa.

Hal senada juga ditegaskan oleh Sofian Hadiwijaya, Pakar Teknologi Informatika. Ia mengatakan, cara kerja pelacak adalah merekam data bawaan, seperti alamat IP, negara asal atau jenis perangkat yang digunakan dan sebagainya.

"Oleh karena itu, hal yang lumrah jika sebuah aplikasi yang ada di dalam industri berbasis internet menggunakan pelacak. Salah satu manfaatnya adalah menjadikan aplikasi tersebut performanya lebih baik bagi pengguna," ujar Sofian.

Walaupun OLX menggunakan banyak pelacak, Rendra kembali menegaskan bahwa informasi yang direkam oleh semua pelacak sebatas pilihan kategori iklan yang ditampilkan atau jenis kata kunci yang dituliskan di dalam kolom search. 

"Kami memastikan bahwa pelacak yang ada di dalam aplikasi OLX tidak pernah melacak, apalagi membagikan data pengguna yang bersifat privasi. Lagi pula, kami adalah platform iklan baris yang tidak memfasilitasi transaksi jual-beli," pungkas Rendra.

Tags: , , , ,


COMMENTS