December 22, 2016

Dukung Era e-Commerce, ESL Luncurkan Layanan Mobile Apps

Penulis: Karyo
Dukung Era e-Commerce, ESL Luncurkan Layanan Mobile Apps  

MOBITEKNO – Seiring meningkatkanya pertumbuhani e-commerce di Indonesia saat ini, maka jasa pengiriman barang dan logistik juga akan meningkat. Hal ini juga sejalan dengan banyaknya jumlah transaksi belanja secara online tersebut. Pasalnya semua pembelian secara online hampir pasti membutuhkan jasa pengiriman.

ESL Express, sebagai perusahaan jasa layanan antar barang dari PT Eka Sari Lorena, menyambut era e-commerce tersebut dengan meluncurkan layanan aplikasi bergerak (mobile apps) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya. Peluncuran aplikasi tersebut merupakan yang pertama di Indonesia untuk bidang jasa layanan antar barang. Peluncuran aplikasi bergerak juga merupakan wujud komitmen perusahaan untuk memberikan layanan terbaik kepada para kosnumen sekaligus menandai 21 tahun kehadiran ESL Express di Indonesia.

Aplikasi bergerak ESL Express yang  bisa diunduh melalui Google Play dan App Store ini memiliki fitur-fitur yang mudah untuk proses penggunaannya bagi pengguna smartpnone yang akan mengirimkan barangnya. Melalui fitur tersebut pengguna bisa dengan mudah mengetahui jumlah biaya dan pelacakan posisi barangnya.

Dalam fitur tersebut, pengguna akan bisa memilih fitur sesuai dengan  jenis barang yang akan dikirimkan, termasuk sepeda motor, barang berbentuk s cairan, baterai, barang elektronik, tanaman, bahkan hewan peliharaan.Aplikasi mobile apps ESL Express yang didukung dengan situs www.esl-express.com tersebut dapat memberikan laporan real time kepada pelanggannya. Pelanggan pun bisa langsung mengecek keberadaan paket dan dokumen yang dikirimkan. Kurir ESL Express pun dilengkapi dengan POD Mobile sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengecek langsung proses pengiriman paket dan dokumen.

“Aplikasi bergerak ini memudahkan konsumen untuk melakukan pengiriman barang. Layanan ini dikembangkan dengan pedoman personalized service yang diberikan ESL Express secara khusus kepada konsumen. Belum ada perusahaan lain serupa yang memberikan layanan seperti kami,” ujar Managing Director PT Eka Sari Lorena, Eka Sari Lorena, saat peluncuran aplikasi mobile apps di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Kehadiran aplikasi bergerak  tersebut menurut Eka, diharapkan akan semakin mempermudah konsumen yang ingin mengirimkan barang serta meningkatkan penggunaaan layanan ESL Express yang sejauh ini juga sudah menjadi strategic partners dari online store di Indonesia.

Sistem pembayaran yang berkaitan dengan aplikasi tersebut, ESL Express akan menggunakan sistem pembayaran dengan menggandeng  perusahaan jasa sistem pembayaran yang biasa digunakan oleh para pelaku e-commerce lainnya, juga akan menggandeng bank Mandiri.

Layanan mobil apps yang diluncurkan tersebut didasari oleh  besarnya jumlah pengguna smartphone yang menggunakannya untuk proses transaksi belanja secara online. Dari data   Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJI) menunjukkan, pada tahun 2016 jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 132,7 juta orang. Dari jumlah tersebut 84,2 juta pengguna (64,5%) pernah menggunakan internet untuk transaksi secara online, 82,2 juta pengguna (62%) pernah mengunjungi toko online, dan 89,9 juta pengguna (67,8%) menggunakan smartphone untuk mengakses internet.

Selain itu menurut Eka, pertumbuhan e-commerce di Indonesia saat ini mencapai 40%. Sementara di beberapa negara tetangga pertumbuhannya hanya berkisar pada angka 2 % saja. Hal itu membuat Eka sangat optimis bahwa target Indonesia pada tahun 2020 tentang jumlah transaksi e-commerce sebesar 130 milyar US Dollar akan tercapai. Bahkan menurut Eka target tersebut akan bisa terlampoi. “Dengan pertumbuhan e-commerce seperti saat ini saya malah yakin seharusnya pencapaianya bisa 2,5 kali lipat dari angka tersebut,” ujar Eka bersemangat.Namun, kalau situasi dan kondisinya tanpa ada gangguan kerusuhan atau ganggguan sejenisnya, pertumbuhan bisnis ESL Express sendiri dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2016  ini pertumbuhan ESL Express berada pada angka 30 %.

Pengamat digital marketing dari Archiss Digital, Abah Raditya juga mengatakan bahwa salah satu kendala dalam digital marketing di Indonesia adalah lemahnya infrastruktur pengiriman barang.Untuk itu, aplikasi pengiriman barang menjadi sangat penting karena mayoritas masyarakat menggunakan smartphone untuk mengakses internet.

“Budaya belanja online masyarakat sudah semakin solid. Kehadiran aplikasi bergerak juga menjadi solusi atas lemahnya infrastruktur pengiriman barang saat ini. Dengan demikian, konsumen pun menjadi lebih nyaman dan mudah untuk melakukan transaksi online,” ujar Abah Raditya pada kesempatan yang sama. Abah juga menambahkan bahwa kehadiran aplikasi mobile apps dari ESL Express tersebut sudah dianggap sangat tepat. “ Kehadiran layanan mobile apps tersebut menurut  saya sudah sangat on the track,” ujar Abah optimis.

ESL Express merupakan bagian dari Lorena Group yang telah melayani kegiatan pengiriman paket dan dokumen. Didirikan tahun 1995 oleh GT Soerbakti, ESL Express sebelumnya telah memiliki 450 kendaraan operasional yang tersebar di 78 kantor cabang di seluruh Indonesia. ESL Express juga didukung oleh 600 armada Bus Lorena Group yang beroperasi di Sumatera, Jawa, Bali, dan Madura sehingga mampu menjadi layanan yang diminati dan dipercaya oleh asyarakat dalam hal jasa pengiriman.

Selain jasa pengiriman barang, saat ini ESL Express juga menyediakan jasa penyewaan kendaraan, termasuk berbagai jenis truk dengan berbagai ukurannya  ukurannya. Bahkan menurut Eka, ESL Express mennganut paham ‘Palugada’. Semua yang dibutuhkan konsumen akan diadakan atau dipenuhi.

Tags: , , , ,


COMMENTS