December 22, 2016

Anker Power Speed 20000: Power Bank Terlaris di Amazon Ini Hadir dengan Dukungan Quick Charge 3.0

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Anker Power Speed 20000: Power Bank Terlaris di Amazon Ini Hadir dengan Dukungan Quick Charge 3.0  

MOBITEKNO – Nama Anker Technology mungkin masih asing di telinga konsumen Indonesia. Padahal, produsen power bank (portable charger) yang dirintis oleh Steven Yang, mantan senior senior engineer Google, ini merupakan produk power bank terlaris di toko online Amazon.com.

Anker Technology yang sudah bersipa hadir di pasar Indonesia ini baru saja mengeluarkan produk power bank terbarunya dengan kapasitas tinggi (20.000 mAh), yakni PowerCore Speed 20000. Anker PowerCore Speed 20000 diklaim bisa mengakomodir kebutuhan daya perangkat mobile seperti smartphone selama perjalanan.

Berdasarkan hitung-hitungan sederhana, PowerCore Speed 20000 dapat melakukan enam kali pengisian pada smartphone modern yang umumnya memiliki kapasitas baterai 3000-an mAh. Sangat cukup bagi Anda yang kebetulan menggunakan lebih dari satu smartphone atau gadget lainnya.

""

Bobotnya yang hanya 394 gram membuat power bank berbentuk persegi panjang dengan lekuk di keempat sudutnya ini mudah dibawa kemana-mana. Salah satu keunggulan yang ditonjolkan Anker PowerCore Speed 20000 adalah dukungan teknologi pengisian baterai cepat (fast charging) terbaru dari Qualcomm, yaitu Quick Charge 3.0.

Quick Charge 3.0 adalah teknologi yang dikembangkan Qualcomm untuk smartphone dengan chipset/prosesor kelas mid/high-end, seperti Snapdragon 618, 620, 820 dan 821. Quick Charge 3.0 pada dasarnya mempercepat proses pengisian (charging) baterai dari charger umumnya. Ini artinya charger yang digunakan untuk mengisi baterai harus memenuhi standar (sertifikasi) Quick Charge 3.0.

Menurut Qualcomm, teknologi fast charging ini dapat mengisi baterai smartphone dari kondisi 0% (kosong) hingga terisi 80% hanya dalam waktu 35 menit. Hal ini dimumgkinkan karena smartphone bisanaya dapat mengisi dengan cepat hingga baterai terisi 80%. Selanjutnya proses pengisian akan melambat untuk menghindari terjadinya overcharging pada baterai.

Selain dukungan teknolgi Quick Charge 3.0, perangkat penyimpan daya ini juga mempunyai teknologi Power IQ dan Voltage Boost. Power IQ adalah teknologi yang bisa mendeteksi kebutuhan tegangan dan arus pada perangkat yang akan di-charging. Dengan demikian, terjadinya kelebihan atau kekurangan tegangan yang masuk ke perangkat bisa dihindari. Power IQ bekerja dengan akan membaca apakah perangkat tersebut membutuhkan arus 1.0 A atau lebih (di atas 2.0 A).

Adapun teknologi Voltage Boost akan membuat arus yang masuk ke perangkat dari power bank Anker selalu stabil sehingga konsumsi arus benar-benar akurat. Salah satu keluhan dari pengguna power bank adalah cepatnya proses pengisisan dari power bank yang digunakan sehingga baterai akan cepat habis dalam penggunaannya. Solusi 

Yang juga menarik adalah adalah Anker PowerCore Speed 20000 juga didukung fitur High Multi Protection yang menjaga agar kondisi dari power bank ini tetap pada suhu yang normal dan tidak menjadi panas. Teknologi yang dapat memutus arus dan mengeluarkan arus sesuai dengan konsumsi perangkat yang akan diisi membuat Power Bank ini aman bagi perangkat khususnya perangkat smartphone dengan baterai tanam (non-removable battery).

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS