November 22, 2016

Windows 10 Mobile Bakal Punya Kemampuan Emulasi Aplikasi x86

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Windows 10 Mobile Bakal Punya Kemampuan Emulasi Aplikasi x86  

MOBITEKNO – Salah satu tujuan Microsoft membawa fitur Continuum pada Windows 10 adalah agar penggun bisa menampilkan aplikasi yang aktif (berjalan) dalam smartphone Windows 10 Mobile di layar eksternal dengan dukungan keyboard dan mouse eksternal.

Harapan Microsfot, akan banyak aplikasi berstandar Universal Windows Platform (UWP) yang bermunculan sehingga smartphone Windows 10 pun semakin menarik bagi konsumen. Namun, solusi tersebut mungkin masih belum cukup karena aplikasi desktop Windows (legacy win32 apps) masih belum dapat dijalankan pada smartphone Windows 10 Mobile.

 

it looks like Windows's hybrid x86-on-ARM64 tech has a new name "CHPE", whatever it means 🙂 maybe something like Compound Hybrid PE ? pic.twitter.com/aW1RLYU3dM

— WalkingCat (@h0x0d) November 21, 2016

Microsoft sudah menyadari masalah ini, sehingga muncul spekulasi mereka akan mempertimbangkan adanya fitur emulasi x86 pada sistem berbassi ARM64 (smartphone). Ini berarti, smartphone atau tablet Windows 10 Mobile akan bisa menjalankan aplikasi desktop x86 Windows 10 (legacy win32) yang sangat banyak jumlahnya.

Selain mendorong para developer agar membuat aplikasinya sesuai dengan standar UWP (berjalan di Windows 10 dan Windows 10 Mobile), solusi emulasi ini dianggap lebih mudah direalisasikan meski dainggap kurang efisien. Kurang efisien karena aplikasi akan berjalan pada mode emulasi yang tidak sepenuhnya optimabl (dibandingkan native app).

Apabila emulasi biasanya dilakukan untuk menjalankan aplikasi non-x86 pada sistem x86, langkah yang mungkin diambil Microsfot ini berarti menunjukkan proses yang sebaliknya, yaitu menjalankan aplikasi x86 pada sistem ARM64.

Microsoft dikabarkan sedang mengarap project yang dinamakan Cobalt (Cobalt project) yang pada intinya menghadirkan aplikasi x86 pada sistem ARM64. Kabar terakhir, tahun depan emulasinya akan hadir dengan nama CHPE (Cobalt, HP, and Emulation).

Nama HP di sini disinyalir berkaitan dengan smartphone Elite x3 yang berbasis Windows 10 Mobile. Smartphone yang lebih ditargetkan untuk segmen bisnis ini mungkin akan ditawarkan juga ke konsumen biasa. Agar semakin menarik bagi konsumen, fitur emulasi x86 ini mungkin juga akan disertakan pada paketnya.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS