November 22, 2016

Ini Spesifikasi Minimum PC yang dibutuhkan untuk Menggunakan Headset Windows VR

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Spesifikasi Minimum PC yang dibutuhkan untuk Menggunakan Headset Windows VR  

MOBITEKNO – Update Microsoft, yani Creators Update akan membawa fitur terbaru Windows Holographic ke dalam Windows 10. Sebelumnya, Microsoft telah menjelaskan strateginya merangkul mitra dari berbagai produsen PC (HP, ASUS, Lenovo, Acer, dan Dell) untuk menyediakan headset VR (Virtual Reality) yang terjangkau agar bisa dinikmati oleh banyak pengguna PC.

Sebelumnya muncul sedikit kekhawatiran bahwa headset VR tersebtu akan membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi seperti halnya yang dibuthkan pada dua headset yang suda berbedar saat ini, yaitu HTC Vive atau Oculus Rift. Namun, hal ini ditepis Microsoft setelah mengungkapkan spesifikasi minimum PC agar pengguna bisa menggunakan headset VR yang segera beredar tersebut.

""

Windows 10 test build terakhir diketahui telah menyertakan aplikasi “Windows Holographic First Run" yang khusus disediakan Microsoft bagi pengguna untuk menjajal kemampuan PC-nya. Dengan aplikasi tersebut, pengguna PC bisa memastikan apakah spesifikasi hardware PC cukup mumpuni menjalankan aplikasi Windows Holographic.

Berbeda dengan spesifikasi PC yang dibutuhkan HTC Vive atau Oculus Rift, headset VR yang mengacu pada standar Microsoft ini hanya membutuhkan spesifikasi yang relatif rendah. PC minimal memiliki RAM 4 GB, sebuah port USB 3.0, graphics card dengan dukungan DirectX 12, dan prosesor empat core atau dual-core dengan kemampuan hyperthreading.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows Holographic di Windows 10 ini tentu merupakan kabar gembira bagi mayoritas konsumen yang ingin segera menikmati aplikasi VR di Windows PC. Menurut rencana, Microsoft akan menggelar acara pada bukan Desember untuk menjelaskan lebih jauh perihal headset VR dan aplikasi Windows Holographic tersebut.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS