July 22, 2016

Edward Snowden Rancang Casing Khusus untuk iPhone. Apa Istimewanya?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Edward Snowden Rancang Casing Khusus untuk iPhone. Apa Istimewanya?  

MOBITEKNO – Edward Snowden, mantan karyawan CIA telah menjadi buronan pemerintah AS selama tiga tahun ini karena perannya sebagai whistleblower terkait dokumen penting negara. Selama masa pengasingannya tersebut, Snowden rupanya punya aktivitas tambahan, salah satunya mendesain casing iPhone yang bebas sadap.

Bersama hacker Andrew ‘Bunnie’ Huang, Snowden saat ini sedang mengembangkan sebuah casing smartphone (mobile phone case) yang punya fitur keamanan khusus. Tidak seperti casing pada umumnya, casing desain Snowden ini dapat memberitahukan penguna apabila smartphone melakukan aktivitas transmisi (informasi).

Disebut ‘Introspection Engine’, casing ini dapat terhubung dengan berbagai radio transmitter dari smartphone. Setelah terhubung, casing ini akan memonitor adanya koneksi seluler, Wi-Fi, atau Bluetooth saat berbagai atau menerima data dan menginfrmasikannya kepada pengguna smartphone.

Meski fungsi ‘Introspection Engine’ terbatas untuk memonitor koneksi, casing ini bisa dikembangkan lebih jauh agar bisa berfungsi sebagai sebuah "kill switch" yang memutus pasokan daya smartphone ketika dideteksi ada sinyal radio yang melakukan transmisi data setelah pengguna mencoba menonaktifkannya.

Status casing ini masih dalam fase awal pengembangan. Snowden dan Huang berharap purwarupa (prototype) casing iPhone ini sudah bisa dihadirkan tahun depan untuk selanjutnya masuk pada fase pengembangan produknya (jika ada dukungan dana). Snowden berjanji, kode perangkat dan desain hardware-nya bisa diakses berbagai pihak (open-source).

Salah satu target pengguna casing iPhone yang bebas sadap ini adalah para jurnalis garis depan yang berada di lokasi berbahaya. Untuk itu, keduanya berencanan akan melakukan kerjasama dengan media advocary group ‘Freedom of the Press Foundation’.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS