March 22, 2016

Apa Maksud Penamaan SE dari iPhone SE? Ini Penjelasan Singkatnya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Apa Maksud Penamaan SE dari iPhone SE? Ini Penjelasan Singkatnya  

MOBITEKNO – Apple pasti punya segudang alasan untuk tetap ‘pede’ menghadirkan iPhone SE dengan ukuran dan resolusi layar yang sama dengan iPhone 5s (4 inci, 640 x 1136 pixels). Bahkan jenis layarnya juga masih mengadopsi teknologi layar IPS LCD (LED-backlit) seperti iPhone 5s yang hadir tiga tahun lalu.

Masih perlu dibuktikan, apakah harga menarik (mulai dari US$ 399), performa lebih cepat, dan kamera lebih berkualitas dibandingkan iPhone 5s sudah cukup menggoda konsumen loyalnya di seluruh dunia membeli iPhone SE tersebut.

Pada keynote via video live streaming-nya beberapa jam lalu, ada secuil informasi yang belum dijelaskan oleh Apple. Informasi itu adalah makna atau kepanjangan SE dari iPhone SE. Ada yang menduga SE merupakan singkatan dari ‘Shrink Edition’, ‘Small Edition’, S "Enhanced", Second Edition, atau bahkan ‘Something Else’.

Nomenklatur atau penamaan yang diberikan pada iPhone SE sedikit berbeda dari kebiasaan Apple selama ini. Seperti diketahui, selain ukuran layarnya yang tidak lazim (4 inci) di era smartphone layar besar beberapa tahun ini, pemakaian SE tanpa disertai angka juga menimbulkan pertanyaan tersendiri dari berbagai pihak.

Sejak iPhone 3GS, Apple cukup ‘terobsesi’ dengan penggunaan huruf S pada beberapa seri iPhone-nya hingga saat ini. Menurut Apple, huruf S menunjukkan adanya suatu peningkatan dalam berbagai aspek, seperti (S)peed atau performa/kecepatan pada iPhone 3GS, fitur voice command (S)iri pada iPhone 4S, dan fitur Touch ID untuk aspek (S)ecurity pada iPhone 5S.

Lalu bagaimana dengan iPhone SE? Untuk menjawab pertanyaan ini, Jason Cipriani, jurnalis CNET, beruntung sempat mengkonfirmasi hal tersebut dengan Phil Schiller, Apple VP. Dalam ciutan singkatnya di Twitter, Jason menyatakan bahwa Phil Schiller telah mengatakan padanya bahwa akronim “SE” merupakan kepanjangan dari “Special Edition”.

Terlepas dari kebenaran ciutan tersebut, layak tidaknya iPhone SE menjadi produk iPhone yang ‘spesial’ dari Apple tentu terserah penilaian masing-masing pihak.

Apakah spesial karena iPhone SE merupakan kombinasi ‘postur’ iPhone 5s dengan ‘jeroan’ iPhone 6s? Ataukah spesial karena hal lainnya? Yang jelas, sesuatu yang spesial bagi Apple belum tentu spesial bagi Anda atau orang lain. Kita tunggu saja kehadiran sang ‘Special One’ dari Apple tersebut.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS