January 22, 2016

Perluas Layanan 4G LTE di Banyak Kota, Indosat Ooredoo dan XL Luncurkan Network Sharing

Penulis: Eko Lannueardy
Perluas Layanan 4G LTE di Banyak Kota, Indosat Ooredoo dan XL Luncurkan Network Sharing  

MOBITEKNO – Kerjasama jaringan atau yang lebih dikenal derngan istilah "network sharing" langsung diperlihatkan dua operator di Indonesia, Indosat Ooredoo dan XL Axiata. Keduanya mengumumkan kerjasama jaringan untuk 4G LTE ini melalui Multi Operator Radio Access Network (MORAN) yang juga bertujuan mendukung agenda ekonomi digital di Tanah Air.

Kedua operator telekomunikasi ini akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota, seperti Banyumas, Surakarta, Batam dan Bajarmasin. Kedepannya, kerjasama ini juga akan memperluas jangkauannya di beberapa kota di Indonesia dan pelanggan dijanjikan akan merasakan pengalaman yang tidak berbeda dariu sebelumnya (seamless).

"Kami senang dapat bekerjasama dengan XL Axiata. Kerjasama ini memperluas jaringan 4G LTE untuk pelanggan kita dan mendukung program Pemerintah membangun ekonomi digital kearah yang lebih baik. Melalui inisiatif ini, kami juga mendukung usaha Pemerintah mengurangi impor dalam mata uang asing serta memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien," ujar Alexander Rusli, Presdir dan CEO Indosat Ooredoo.

Hal senada juga ditegaskan oleh Presdir sekaligus CEO XL Axiata, Dian Siswarini. Ia mengatakan bahwa XL memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung upaya Pemerintah dalam percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang merata di wilayah Indonesia. Kerjasama ini juga untuk upaya untuk mendorong daya saing perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi operasional.

"Dengan berbagi penggunaan infrastruktur bersama dan juga membawa keuntungan bagi pelanggan kami, sehingga pada akhirnya akan semakin mempercepat bergulirnya ekonomi digital di Indonesia. Untuk tahap awal, kami memulainya dengan kerjasama jaringan 4G LTE melalui MORAN di beberapa kota di Indonesia. Kedepannya, akan lebih banyak kota yang akan kami rambah," ujar Dian.

Pada tahap ini, network sharing yang dilakukan baru terbatas pada radio access network. Indosat Ooredoo dan XL Axiata berkomitmen melanjutkan kerjasama ini dengan dukungan Pemerintah dengan harapan kerjasama dapat diperluas menjadi core network sharing. Kerjasama ini juga akan lebih meningkatkan penghematan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat melayani pelanggan pengguna LTE lebih banyak.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS