December 21, 2016

Resmi Hadir, ZUK Edge Ikuti Jejak Mi Mix dengan Bezel Tipis, Snapdragon 821, dan RAM Hingga 6 GB

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Resmi Hadir, ZUK Edge Ikuti Jejak Mi Mix dengan Bezel Tipis, Snapdragon 821, dan RAM Hingga 6 GB  

MOBITEKNO – Tahun 2017 memang tinggal tersisa seminggu lebih lagi, tapi industri smartphone seperti tidak mau berhenti ‘menarik napas’ sesaat dalam berinovasi. Salah satunya adalah ZUK (ZUK Mobile) yang merupakan perusahaan spin-off dari raksasa teknologi Lenovo.

Setelah merilis Z1 yang dapat respons positif tahun lalu, dikuti oleh Z2 Pro, dan Z2, ZUK kembali mengumumkan smartphone terbaru di negara asalanya China, yaitu ZUK Edge. Dari namanya bisa ditebak bahwa smartphone yang akan tersedia di pasar sejak 1 Januari 2017 ini akan menonjolkan desain layar yang inovatif, seperti Samsung Galaxy S6/S7 Edge, Xiaomi Mi MiX, atau Sharp Aquos Xx2.

""

Benar saja, karena ZUK Edge yang menjalankan Android 7.0 Nougat dan diperkuat prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 821 (2.35 GHz) ini akan menonjolkan perbandingan layar dan bodi (screen to body ratio) tinggi layaknya smartphone ‘bezel-less’ Xiaomi Mi Mix.

Meski masih di bawah Mi Mix (91,3%), screen to body ratio pada ZUK Edge masih tergolong tinggi, mencapai 86.4%. Ini berarti, layar ZUK edge (5,5 inci Full-HD, 1920 x 1080 pixel) akan terlihat dominan jika dilihat sisi depannya.

""

Spesifikasi kelas flaghship juga terlihat dari adanya sensor detak jantung (heart rate sensor), port USB 3.1 Type-C, dan baterai 3.100 mAh (Quick Charge 3.0). Meski belum diketahui kapan ZUK Edge akan di pasarkan di luar China, saat ini ZUK Edge varian RAM 4GB akan ditawarkan seharga CNY 2,299 (sekitar Rp 4,5 juta) dan varian RAM 6 GB seharga CNY 2,499 (sekitar Rp 4,8 juta). Strategi ZUK dalam memasarkan smartphone spesifikasi high-end dengan harga di bawah smartphone high-end umumnya mirip dengan startegi yang diterapkan OnePlus.

Selain kedua model tersebut, ZUK Edge juga tersedia dalam edisi terbatas dengan menggandeng aktor dan penyanyi tenar Korea Selatan, Lee Min-ho. (simak videonya di bawah).

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS