November 21, 2016

Lewat Video, Tesla Tunjukkan Seperti Apa Berada di Mobil Otonom Level 5

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Lewat Video, Tesla Tunjukkan Seperti Apa Berada di Mobil Otonom Level 5  

MOBITEKNO – Tesla Motors terus berkampanye dengan teknologi mobil otonomnya (autonomous driving) dan berjanji akan menyertakannnya di semua mobil listriknya masa mendatang, termasuk sedang Model 3 yang sudah diumumkan Maret 2016 lalu. 

Elon Musk, CEO Tesla Motors, memasang target ‘ambisius’ dalam memilih teknologi otonom seperti apa yang ingin ditanamkan pada armada mobil listriknya. Musk menginginkan mobil listrik Tesla mengadopsi teknologi otonom Level 5 (level five autonomy).

Meski standar autonomous driving masih terus diperdebatkan berbagai pihak, teknologi otonomo Level 5 pada intinya menyerahkan kontrol kemudi mobil sepenuhnya pada sistem (hampir) tanpa intervensi manusia (pengemudi).

Di sini, pengendara mobil Tesla hanya cukup menghidupkan mobil, menentukan tujuan dengan bantuan navigasi satelit, mengaktifkan sistem kemudi otonom, lalu duduk manis hingga sampai ke lokasi tujuan.

Agar konsumen semakin memahami dan akrab dengan teknologi tersebut, Elon Musk baru-baru ini berbagi informasi (video) mengenai cara kerja teknologi autonomous driving di mobil Tesla. Pada klip demo video ditunjukkan bagaimana mobil Tesla mengemudi tanpa intervensi manusia di berbagai kondisi jalan. Demo tampilan berdasarkan pandangan (pengemudi) dari dalam mobil.

Demo video menunjukkan bagaimana seorang pengemudi akan dihadapkan pada empat sudut pandang (viewpoint) selama mobil berjalan di jalan secara otomatis. Sudut pandang pertama (utama) adalah pandangan kondisi jalan yang berada di depannya dan padangan dari beberapa kamera yang didukung oleh berbagai sensor. Sensor tersebut akan bertugas mendeteksi kendaran (roda dua, empat, atau lainnya) di sekitar, rambu/lampu lalu lintas, marka jalan, dan tentu saja pejalan kaki.

Pengendara pada video terlihat tidak melakukan intervensi pada kemudi dan pedal gas sepanjang perjalanan. Saat perjalanan, terlihat sensor mobil mendeteksi adanya orang yang sedang melakukan joging di tepi jalan dan pengendara sepeda. Meski kedua objek ini tidak menghalangi jalur mobil, terlihat di sini mobil Tesla memperlambat kecepatan demi prioritas keselamatan kedua objek tersebut.

Meski video ini terlihat cukup impresif menunjukkan kecanggihan teknologi mobil otonom yang sudah dicapai Tesla, akan lebih baik juga jika ditampilkan kebolehannya di medan dan kondisi ‘menantang’, seperti cuaca buruk, kurang cahaya, dan kondisi ekstrem lainnya yang sering menghambat pandangan kamera, sensor, dan navigasi satelit.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS