October 21, 2016

Nama Besar, Desain Klasik, dan Kamera 21 MP Jadi Senjata Utama Smartphone Kodak Ektra

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Nama Besar, Desain Klasik, dan Kamera 21 MP Jadi Senjata Utama Smartphone Kodak Ektra  

MOBITEKNO – Kodak adalah legenda di dunia fotografi. Semua pasti setuju, ingat Kodak tentu ingat foto. Perusahaan yang dididirikan oleh George Eastman pada tahu 1888 ini belum lama berselang terhindar dari kebangkrutan.

Salah satu gebrakan terbarunya adalah menghadirkan produk smartphone pertama yang mengandalkan nama besarnya di dunia fotografi. Smartphone berbasis Android 6.0 Marshmallow tersebut dinamakan Kodak Ektra.

""

Kodak Ektra yang menonjol pada bagian lensanya yang besar akan didukung dengan sensor kamera 21 MP (PDAF, OIS hardware, aperture f/2.0). Kodak mengjklaim aplikasi kameranya mirip seperti kamera DSLR. Misalnya saja dengan adanya kontrol preset Auto, HDR, Panorama, Sports, dan Macro.

Preset pada layar sentuhnya tersebut bahkan ditampilkan dalam sebuah tombol (dial) bundar layaknya pada kamera, termasuk adanya haptic feedback saat pemutaran tombol dial-nya.

Tersedia juga Manual mode agar pengguna bisa mengatur atau melakukan tweak untuk setting ISO dan keceptan shutter. Pada sisi layar (depan), Kodak pun menempatkan kamera 13 MP (PDAF , aperture f/2.2) bagi penyuka selfie/wefie. Ektra juga telah menyediakan tombol shutter kamera khusus bagi bagi pengguna yang masih menyukai tombol fisik untuk menjepret suatu momen.

""

Smartphone pertama Kodak berlayar 5 inci (Full-HD, Gorilla Glass) ini hadir dengan spesifikasi kelas menengah. Selain mengusung dapur pacu MediaTek Helio X20, Ektra didukung memori (RAM) 3 GB, internal storage 32 GB (expandable via slot microSD card), baterai 3.000 mAh, dan port USB Type-C port.

Desain smartphone Ektra sekilas mirip seperti sebuah kamera pocket. Kodak bahkan sengaja menggunakan lapisan kulit asli di sekujur sisinya untuk memberi kesan vintage padanya. Ektra mulai dipasarkan di Eropa mulai Desember ini seharga US$ 550. Hingga kini belum diketahui kapan Kodak akan menghadirkan samrtphone camera Ektra ini di benua Amerika dan Asia.

""

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS