June 21, 2016

Dukung Industri Asuransi Mobil, Smartfren Luncurkan Layanan M2M Smartrek UBI

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dukung Industri Asuransi Mobil, Smartfren Luncurkan Layanan M2M Smartrek UBI  

MOBITEKNO – Smartrek UBI (Usage Based Insurance) merupakan layanan M2M (Machine-to-Machine) yang dikembangkan operator 4G LTE Smartfren untuk kebutuhan komunikasi data end-to-end di sektor industri, termasuk bisnis asuransi.

Istilah M2M (Machine-to-Machine) digunakan untuk menggambarkan bagaimana sebuah machine (device) yang terhubung via jaringan (wireless/wired network) bisa berkomunikasi dengan infrastruktur remote app untuk tujuan monitoring dan kontrol antar-device atau dengan lingkungan/area di sekitarnya.

Potensi interkoneksi dari berbagai smart device dan interaksinya dengan lingkungan sekitar inilah menjadi salah satu visi hadirnya teknologi IoT yang ‘mempertemukan’ dunia fisik dan dunia digital.

Dukungan Smartfren dengan mengembangan produk dan layanan Smartrek UBI ini akan menyasar bisnis asuransi. Di sini, perangkat Smartrek UBI kkhsus akan dipasang di mobil/kendaraan (pada port OBD) untuk mengetahui perilaku berkendara pengemudi.

Dengan layanan ini perilaku mengemudi yang di luar batas kewajaran bisa dideteksi, seperti kebiasaan menginjak pedal gas atau rem secara mendadak, sering mengebut di jalan padat, dan lain sebagainya. Dari alat inilah, perusahaan asuransi bisa mengumpulkan dan menganalisis perilaku berkendaraan setiap nasabahnya untuk merespons klaim asuransi dari pelanggan tersebut.

Menurut Revie Sylviana, Senior VP Digital Services Smartfren, “Sebagai pemain baru di area M2M dan IoT, Smartfren ingin memghadirkan inovasi baru bagi pelanggannya. Layanan mobile apps Smartrek adalah solusi cerdas bagi pemilik kendaraan (perusahaan atau perseorangan) yang membutuhkan solusi tracking dan fleet management”.

Untuk meggunakan layanan ini, konsumen cukup membeli Asuransi PT. Asuransi Simas Net yang akan menyediakan perangkat On Board Diagnostic (OBD) GPS untuk dipasangkan di kendaraannya. Selain itu, cukup tambahan biaya sekitar Rp. 600 ribu, pelanggan bisa menikmati seluruh fitur premium yang ada.

Perangakt Smartrek UBI sudah dilengkapi dengan SIM card Smartfren 4G LTE. Setelah dipasangkan pada port OBD di mobil, perangkat ini akan merekam dan mengirimkan seluruh informasi yang berkaitan dengan kendaraan, seperti koordinat kendaraan, informasi kondisi mesin mobil, termasuk perilaku mengemudi di pelanggan.

Sistem Smartrek akan mengolah dan mengirimkan data sesuai kebutuhan secara terenskripsi untuk menjamin keamanan dan API khusus bagi para pelanggan perusahaan. Klien/nasabah bisa mengetahui informasi lokasi kendaraan secara realtime via mobile app dengan memasukkan nomor Smartfren atau nomor polis asuransinya.

Sebagai tahap awal, Smartfren bersama Asuransi Simasnet akan meluncurkan layanan ini pada 8 Agustus nanti (pre-order-nya sudah dibuka). Bagi pelanggan yang beruntung, sudah tersedia kejutan hadiah ‘THR’ sebesar Rp 10 juta bagi 10 pelanggan untuk pembelian di bulan Juni hingga Juli 2016.

Untuk informasi harga dan pemesanan perangkat ini bisa menghubungi Call Center Asuransi Simasnet di 0888-987-8989 atau mengunjungi website www.asuransisimasnet.com.

Teguh Aria Djana, Presidir PT Asuransi Simas Net, menyatakan “Solusi ini adalah wujud dari konsistensi Simasnet untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan, pelanggan membutuhkan solusi asuransi yang bukan hanya melindungi namun juga mampu meningkatkan produktivitas. Solusi ini juga salah satu program kami dalam membentuk perilaku cerdas dalam mengemudi.”

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS