April 21, 2016

Goodyear Indonesia Produksi 3,8 Juta Ban Setiap Tahun

Penulis: Desmal Andi
Goodyear Indonesia Produksi 3,8 Juta Ban Setiap Tahun  

MOBITEKNO – Kebutuhan ban untuk kendaraan, baiik penumpang maupun komersial, cukup besar setiap tahunnya. Goodyear pun selaku produsen ban yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1935 turut menyumbang untuk kebutuhan tersebut. Jumlahnya cukup banyak, kapasitas produksi yang ada di kota Bogor bisa mencapai sekitar 10 ribu hingga 12 ribu ban setiap harinya atau 3,8 juta untuk setiap tahun.

Dari jumlah tersebut, 7.500 – 7.700 ban diproduksi setiap harinya untuk kebutuhaan mobil penumpang.  Selebihnya untuk kebutuhan mobil komersial. Pabrik Goodyear yang seluas 17 hektar ini menggunakan mesin otomatis dan semi otomatis dalam menghasilkan ban tersebut. Dari kapasitas yang diproduksi oleh pabrik di Bogor, 60-70 persennya diekspor ka kawasan Asia Pasifik.

“Tidak hanya mesin otomatis, mesin semi otomatis pun masih kami gunakan dalam memproduksi ban untuk kebutuhan mobil penumpang maupun komersial. Mulai dari diameter 12 inci hingga ban untuk dump truck diproduksi di sini,” jelas Selo Kusuma Ardi, Quality and Technology PT Goodyear Indonesia Tbk saat menemani beberapa media mengunjungi pabrik ban Goodyear di Bogor pada Rabu, 20/4.2016. “Satu operator di mesin kami bisa menangani hingga 7 mesin mesin tersebut,” tambah Selo.

Dalam memproduksi ban ini, Goodyear Indonesia memiliki prinsip untuk lebih mementingkan keamanan. Oleh sebab itu, ban-ban yang diproduksinya selalu diawasi dengan ketat. Jika ada yang cacat produksi ban akan dikumpulkan dan tidak akan diperbaiki.

Tags: , , , ,


COMMENTS