January 21, 2016

Akibat Big Data Semakin Berkembang, Lima Topik ini akan Semakin Populer di 2016

Penulis: Desmal Andi
Akibat Big Data Semakin Berkembang, Lima Topik ini akan Semakin Populer di 2016  

MOBITEKNO – Beberapa tahun belakangan ini, banyak prusahaan dan bisnis yang melakukan langkah transformasi teknologi, terutama untuk teknologi informasi. Kini, dengan semakin besarnya peranan big data, pergeseran yang menyangkut teknologi tersebut diprediksi akan menjadi lebih besar lagi.

Claudera selaku perusahaan yang bermain di area big data mencatat dan memprediksi bahwa di tahun mendatang (dimulai 2016) akan terdapat beberapa tren yang akan berkembang dalam pengambil keputusan dalam sebuah bisnis. Menurut Claudera, dunia bahkan akan semakin tergantung kepada tren-tren tersebut.

Pergeseran ini menjadi hal yang tidak bisa terelakkan bagi sektor bisnis karena budaya data sudah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja pada aplikasi smartphone yang kini dapat menganalisis data lalu-lintas dan menyarankan rute terbaik pada pengguna di sekitar kota.

Karena peranan big data akan semakin besar, berikut ini tren-tren terdepan yang akan terjadi di tahun 2016 ini.

Bisnis dan Teknologi akan bertabrakan: Di tahun ini, perusahaan akan memberi perhatian kepada teknologi dan data untuk memecahkan masalah bisnis. Dalam beberapa tahun terakhir, pelayanan pelanggan holistik untuk membangun aliran pendapatan semakin besar sehingga dapat mendorong efisiensi dalam produk dan pelayanan. Tahun inim perusahaan juga akan melihat teknologi.Mereka semakin menyadari arti dari mengubah data menjadi tambang dolar.Dengan demikian, organisasi akan memperoleh nilai tambah yang lebih besar dengan menyelaraskan data dan teknologi untuk tujuan bisnis.

Modernisasi Perusahaan Tradisional: Semakin banyak perusahaan tradisional mulai berperilaku seperti perusahaan modern. Perusahaan tradisional ini akan mengatasi tantangan dari sistem silo yang berbeda dan sudah lama mereka miliki dengan bantuan dari platform analitis manajemen data modern yang tersedia. Perusahaan tradisional ini akan terus menjadi perusahaan dengan aplikasi minimun tetapi memiliki keunggulan kompetitif yang lebih tinggi untuk produk dan jasa mereka.

Data sebagai Keterampilan: Saat ini karena perusahaan di semua pasar semakin banyak menggunakan teknologi untuk mengambil nilai dari big data, jelas akan mendorong permintaan akan keterampilan terkait.Dengan demikian, akan terjadi kekurangan profesional di bidang pengelolaan data. Kesenjangan ini hanya dapat diisi dengan pendidikan dan pelatihan. Industri akan bersama-sama menumbuhkan generasi baru profesional IT yang akan mengisi kesenjangan keterampilan bagi pengusaha di bidang tersebut.

Internet of Things: Munculnya Internet of Things beberapa tahun belkangan ini bisa membawa perubahan yang berarti bagi bisnis dan perusahaan. Perusahaan akan berkembang melalui evolusi data. Informasi pun menjadi hal yang sangat penting sehingga harus bisa diakses dari manapun. IOT akan terus mengubah industri pada tahun 2016.

Kepercayaan pada Open Source: Diperdiksi, kepercayaan perusahaan terhadap Open Sourcesemakin meningkat karena ini menjadi komponen IT yang semakin penting. Dalam jajak pendapat terbaru untuk pelaku industri, 83 persen responden mengatakan mereka menggunakan Open Source secara terbatas saat ini, dan 91 persen mengatakan mereka telah menggunakan Open Sourceatau berencana untuk mengadopsi teknologi Open Source pada tahun 2020.  Hal ini tidak mengherankan karena sistem Open Source telah menjadi lebih aman dengan enkripsi data, otentikasi pengguna atau teknik otorisasi, dan banyak lagi.

Tags: , , ,


COMMENTS