December 20, 2016

Tahun 2017, Singapura Terapkan Bus Otonom di Sebuah Universitas

Penulis: Desmal Andi
Tahun 2017, Singapura Terapkan Bus Otonom di Sebuah Universitas  

MOBITEKNO – Ingin melihat penerapan mobil otonom? Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa atau Amerika. Cukup ke negara tetangga saja, yaitu Singapura. Negara Singa ini tidak hanya memiliki layanan self driving taxi dan self driving scooter, tetapi juga akan menerapkan bus otonom di sebuah kampus ternama di negara tersebut.

Nanyang Technological University memang berencana untuk menggunakan autonomous shuttle bus (bus otonom) pada tahun 2017 nanti. Bus ini akan melayani penumpang dari kampus tersebut ke CleanTech Eco Business Park yang berkarak sekitar 1,5 kilometer. Bus ini dapat memuat 15 penumpang di dalamnya.

Bus yang bernama Arma ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan asall Prancis, yaitu Navya. Layaknya mobil-mobil otonom lainnya, bus ini dilengkapi berbagai macam sensor di seluruh bodinya, seperti sensor pendeteksi halangan untuk mengetahui keberadaan objek di sekitar bus. Terdapat juga sensor berbentu lidar, GPS, dan kamera untuk membuat bus ini semakin pintar dalam melihat keadaan sekitar. Bus akan ditenagai oleh listrik melalui baterai yang tersemat di dalamnya. Baterai ini sanggup untuk mengoperasikan bus selama setengah hari dalam operasionalnya sehari-hari.

Sumber: Uber Gizmo

Tags: , , , ,


COMMENTS