December 20, 2016

Kamera Mirrorles Terjangkau Olympus PEN E-PL8 Resmi Dijual di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kamera Mirrorles Terjangkau Olympus PEN E-PL8 Resmi Dijual di Indonesia  

MOBITEKNO – Kamera mirrorless interchangeable lens (Micro Four Thirds camera) Olympus PEN E-PL8 resmi hadir di Indonesia. Kamera mirrorless entry level berkualitas 16,1 MP ini datang dengan desain premium, stylish, kompak, dan ringan ini mengusung banyak fitur andalan, seperti selfie on-the-go, touch screen control, tilting screen (180° Tilt Touch LCD Monitor), built-in Wi-Fi, dan kemudahan pengoperasian (capture, sharing).

Perbedaan paling nyata Olympus E-PL8 dari generasi sebelumnya, E-PL7, adalah sisi desain. Bodi E-PL8 lebih pendek dan ramping dengan pegangan (grip) yang juga lebih kecil (dimensi 4.6 x 2.7 x 1.5 inci, berat 0,374 kg). Bisa dikatakan desain E-PL8 memilki banyak kemiripan dengan desain kamera Olympus dari seri Pen-F yang merupakan versi digital dari kamera film klasik 35mm legendarisnya.

""

Mode Touch Selfie pada PEN E-PL8 kini sudah mendukung ‘Movie Clips’ agar pengguna bisa merekam film selfie dan mengeditnya secara langsung melalui tombol ‘Effect Film’. Terdapat juga mode ‘Art Filter’ dengan fungsi live view saat melakukan film selfie.

Pengguna yang senang sharing di social media juga akan lebih terbantu dengan aplikasi Olympus Image Share (OI.Share). Proses setup-nya sangat mudah (berbasis QR kode) dan kompatibel dengan perangkat iOS dan Android.

Dengan aplikasi OI.Share di smartphone, pengguna juga bisa mengakses menu LiveView Control E-PL8 (via koneksi Wi-Fi) dari layar smartphone. Jadi, layar smartphone bisa menjadi perpanjangan kamera (hingga 10 meter untuk pemotretan dari jarak jauh/remote). Penguna bahkan bisa mengontrol pengaturan zoom lensa M.Zuiko 14-42mm dan melihat foto dari layar smartphone.

PEN E-PL8 juga mengusung fitur perekaman film (Full-HD 1080p) yang mumpuni. Fungsi ‘Movie Clips’ memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa film pendek dan menambahkan musik latar dan efek menjadi satu film. Semua bisa dilakukan tanpa perlu memakai PC untuk proses post-production.

""

Filter ‘Effect Film’ dan ‘Art Filter’ juga tersedia untuk mengedit video seperti halnya foto. Dengan kedua filter ini, adegan keseharian dan momen berharga lainnya juga bisa diabadikan menjadi sebuah film dengan sentuhan akhir yang artistik. 

Olympus PEN E-PL8 yang sanggup melakukan continuous shooting rate 8,5 fps per detik ini juga didukung sistem VCM Image Stabilization (in-body image stabilization) untuk meminimalisir efek getaran pada kamera, termasuk pada kondisi minim cahaya (malam) agar kualitas gambar tetap. 

Olympus PEN E-PL8 dengan sensor 16,1 MP Live MOS dan image processor TruePic VII diklaim tidak kalah dengan kamera profesional Olympus OM-D E-M1. Untuk kualitas foto terbaik (resolusi tinggi dan reproduksi warna yang vivid), Olympus merekomendasikan penggunaan lensa jenis M.Zuiko Digital.

Bagi pencinta kamera mirrorless berdesain klasik ala kamera Pen-F, Olympus PEN E-PL8 plus lensa 14-42 mm EZ yang tersedia dalam tiga pilihan warna ini akan ditawarkan seharga Rp 9,6 juta. Tersedia juga bonus berupa SDHC 8 GB Class 10.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS