October 20, 2016

Lenovo: Penuhi Aturan TKDN, Moto E3 Power Akan Diproduksi di Serang

Penulis: Eko Lannueardy
Lenovo: Penuhi Aturan TKDN, Moto E3 Power Akan Diproduksi di Serang  

MOBITEKNO – Lenovo memastikan akan segera memasarkan salah satu smartphone Moto terbaru di Indonesia, Moto E3 Power. Kepastian ini ditegaskan langsung oleh Adrie R. Suhadi, Country Lead, Mobile Business Group, Lenovo Indonesia di hadapan sejumlah media di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, (20/10).

Masuk ke dalam perangkat komunikasi yang mengadopsi 4G LTE, Moto E3 Power juga dipastikan akan diproduksi di Indonesia. Sebagai upaya untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Lenovo kembali bermitra dengan pabrikan lokal Tri Dharma Kencana (TDK) yang pabriknya berlokasi di Serang, Banten.

"Kami merasa senang dapat kembali mengumumkan untuk meningkatkan investasi di Indonesia dengan pabrikasi smartphone Moto di dalam negeri. Ini sekaligus menyusul keberhasilan pabrikasi lokal produk smartphone Lenovo beberapa tahun lalu. Hal ini juga menegaskan komitmen kami untuk turut membantu mendorong pengembangan industri teknologi informasi dan komunikasi dalam negeri," ujar Adrie.

Komitmen Lenovo ini juga disambut positif oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ia menegaskan bahwa Lenovo adalah satu produsen smartphone global yang berupaya untuk terus memenuhi aturan TKDN. Salah satu keseriusan yang diperlihatkan adalah keberaniannya untuk berinvestasi dalam pengembangan pabrik.

"Menjelang akhir tahun 2015 lalu, Lenovo sudah berkomitmen untuk mematuhi segala regulasi yang kami buat, salah satunya mengenai aturan TKDN. Tak perlu menunggu lama, akhirnya mereka membuktikan dengan melahirkan smartphone 4G yang dipabrikasi di Indonesia. Tentu saja, kehadiran smartphone terbaru ini yang juga dipabrikasi di Indonesia kami dukung penuh," ujar Rudiantara.

Bermitra dengan TDK, fasilitas pabrikasi Moto memiliki dua lini produksi untuk smartphone mid-end dan high-end dengan kapasitas produksi 90.000 unit per bulan, tidak termasuk kapasitas produksi Moto low-end yang memiliki lini pabrikasi tersendiri.  Model Moto pertama yang diproduksi di pabrik ini adalah Moto E3 Power yang akan tersedia di Indonesia pada Oktober 2016.

Masih dengan TDK, pada akhir tahun 2015 lalu Lenovo juga sudah langsung tancap gas untuk memproduksi smartphone yang mengusung teknologi 4G LTE, yakni Lenovo A2010 dan A6010. Salah satu daya tarik kedua smartphone ini adalah ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS