October 20, 2016

Harga Terjangkau, Smartphone Tizen Pertama Samsung Resmi Meluncur di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Harga Terjangkau, Smartphone Tizen Pertama Samsung Resmi Meluncur di Indonesia  

MOBITEKNO – Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan smartphone 4G LTE entry level Samsung Z2 seharga Rp 899 ribu. Smartphone sangat terjangkau ini merupakan ponsel pertama Samsung dengan sistem operasi berbasis Linux, yaiu Tizen, yang pertama kali diritis oleh Samsung dan Intel pada empat tahun lalu.

Jaehoon Kwon, Presiden Samsung Electronics Indonesia, menyatakan “Kami memperkenalkan ponsel Tizen pertama untuk Indonesia, Samsung Z2, sebagai solusi cerdas untuk Indonesia,”

""

Pada acara peluncurannya di Hotel Intercontinental Jakarta (19/10/2016), Samsung mengakui bahwa smartphone dengan sistem operasi Tizen masih belum populer di mata konsumen Indonesia. Namun, teknologi, fitur dan harga yang ditawakan pada Z2, diyakini Samsung akan menarik konsumen pemula yang ingin beralih dari feature phone ke smartphone.

“Samsung Z2 diperuntukkan bagi anak muda atau siapa pun yang mau beralih ke smartphone (dari feature phone), termasuk mereka yang mau mencoba perangkat 4G dengan harga hanya Rp 899 ribuan,” ucap Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia

Dapur pacu smartphone berlayar 4 inci (TFT WVGA, 480 x 800 pixel) ini adalah chip quad core Spreadtrum SC9830I 1,5 GHz (4x CPU Cortex-A7 dan GPU Mali-400MP2). Alasan Samsung memilih chip dari desainer semikonduktor Tiongkok ini mungkin berkaitan dengan harganya sangat terjangkau.

Ponsel Z2 didukung juga oleh RAM 1 GB, internal storage 8 GB, native VoLTE, dual slot SIM-card, slot MicroSD (up to 200 GB), Wi-Fi 802.11 b/g/n, kamera utama 5 MP (f/2.2, LED flash) untuk kamera utama belakang, FM radio, dan baterai Li-Ion 1500 mAh.

Samsung Z2 yang tersedia dalam tiga pilihan warna (gold, black, red wine) sudah menyertakan beberapa fitur adanalannya, seperti S bike mode (berkendara secara aman), ultra power saving mode (hemat baterai), dan ultra data saving mode (hemat data), .

""

Aspek hiburan juga tidak diabaikan Samsung karena Z2 telah meneyrtakan gamer, seperti Despicable Me: Minion Rush dan Plants vs. Zombies. Selain itu, penguan Z2 juga bisa men-download berbagai game gratis lainnya dari dari Tizen Store (bkan Play Store),  seprti Temple Run 2 dan Chhota Bheem Jungle Run.

Meski aplikasi Android tidak bisa dijalankan di smartphone berbasis Tizen, pengguna Z2 bisa mensiasatinya dengan meng-install Open Mobile ACL (Application Compatibility Layer) yang tersedia di Tizen Store. Menurut Open Mobile, teknologi ACL ini sudah mendukung ribuan aplikasi Android di Tizen.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS