July 20, 2016

Jobplanet: Tingkat Kepuasan Kerja Paling Tinggi Ada di Bidang Pemerintahan

Penulis: Eko Lannueardy
Jobplanet: Tingkat Kepuasan Kerja Paling Tinggi Ada di Bidang Pemerintahan  

MOBITEKNO – Seperti apakah tingkat kepuasan kerja karyawan-karyawan di Indonesia? Lalu, karyawan dengan profesi apakah yang merasa paling puas dengan pekerjaannya? Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan riset untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut.

Dalam riset ini, Jobplanet menganalisis data yang terkumpul melalui situs webnya sejak Januari hingga Juni 2016. Riset ini melibatkan 48.250 orang karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai responden, dan menggunakan sampel 18.900 perusahaan dari berbagai sektor industri yang terdaftar di Jobplanet.com.

Berdasarkan analisisnya, Jobplanet menemukan bahwa secara keseluruhan, rata-rata tingkat kepuasan karyawan di Indonesia terhadap pekerjaan dan perusahaan atau institusi tempat mereka bekerja selama semester I-2016 adalah sebesar 3,46. Dalam penilaian ini, angka tertinggi adalah 5,0 yang mewakili nilai “sangat puas”.

Jobplanet juga menganalisis karyawan dengan profesi apa saja yang merasa paling puas dengan pekerjaan mereka. Berikut sepuluh profesi di Indonesia dengan tingkat kepuasan kerja paling tinggi:

1. Karyawan di bidang Pemerintahan (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,70)

Karyawan yang bekerja di bidang pemerintahan, antara lain pegawai negeri sipil (PNS), petugas pelayanan sosial, serta anggota kepolisian dan tentara.

2. Karyawan di bidang Media dan Public Relations (PR) (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,59)

Karyawan yang bekerja di bidang media dan PR, antara lain wartawan, praktisi PR, pembawa acara, editor, copywriter, serta fotografer dan kameramen.

3. Karyawan di bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,57)

Karyawan yang bekerja di bidang Litbang, antara lain ahli teknologi kelistrikan, ahli teknologi dan pengembangan pangan, staf Litbang, serta ilmuwan dan ahli Geofisika.

4. Karyawan di bidang Pelayanan (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,52)

Karyawan yang bekerja di bidang Pelayanan, antara lain wedding planner dan wedding organizer, pramugari, pemandu wisata, pemilik dan pengelola hotel, serta ahli kosmetika dan perawatan kecantikan.

5. Karyawan di bidang Pengembangan Bisnis (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,51)

Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain konsultan bisnis, direktur, dan perencana strategi bisnis.

6. Karyawan di Bidang Hukum (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,51)

Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain pengacara, auditor, dan petugas litigasi.

7. Pekerja Profesional (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,50)

Pekerja yang terbilang sebagai Profesional, antara lain penerjemah bahasa, pengamat seni dan budaya, agen properti, juru masak, pilot, dan gamer profesional.

8. Karyawan di bidang Teknologi Informasi (TI) (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,49)

Karyawan yang bekerja di bidang TI, antara lain game developer, web developer, application developer, UI/UX developer, hardware/software engineer, video engineer, system engineer, IT planner, dan IT project manager.

9. Karyawan di bidang Engineering (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,47)

Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain perencana perkotaan dan tata ruang, arsitek, desainer interior, serta electrical dan mechanical engineer.

10. Karyawan di bidang Marketing (Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,46)

Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pemasaran produk, digital marketing, brand marketing, riset pasar, dan customer relationship management (CRM).

Ditegaskan oleh Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia bahwa yang menarik dari riset ini, karyawan yang paling puas dengan pekerjaannya adalah yang mereka bekerja di bidang pemerintahan, termasuk PNS. Alasannya terkait dengan kepastian tunjangan dan jaminan hari tua.

Tak sedikit karyawan yang bekerja di bidang pemerintahan merasa sangat puas dengan pekerjaannya. Mereka memiliki beragam alasan, salah satunya tentang tunjangan dan jaminan hari tua yang pasti. Selain itu, tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini juga sangat tinggi dan itu menjadi kebanggaan tersendiri," ujar Kemas.

Hal lain yang tak kalah menarik, ditambahkan oleh Kemas adalah pekerja di bidang non-teknis merasa lebih puas dengan pekerjaannya ketimbang mereka yang bekerja di bidang teknis. Hanya ada tiga jenis profesi yang berkaitan dengan bidang teknis yang memiliki tingkat kepuasan karyawan di atas rata-rata, yakni Litbang, TI dan Engineering.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS