June 20, 2016

Pertama Kalinya, Rekaman Lagu/Album yang Hanya Ada di Streaming Masuk Nominasi Grammy Awards ke-59

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pertama Kalinya, Rekaman Lagu/Album yang Hanya Ada di Streaming Masuk Nominasi Grammy Awards ke-59  

MOBITEKNO – Seperti juga dinamika yang terjadi pada penghargaaan film (Oscar atau Golden Globe), Recording Academy atau NARAS (National Academy of Recording Arts & Sciences) juga telah melakukan beberapa penyesuaian format penilaian pada nominasi Grammy Awards ke-59 (59th Annual Grammy Awards) yang klimaks acaranya akan digelar awal tahun depan nanti.

Salah satu amandemen penting yang disepakati adalah rekaman (lagu/single dan album) yang hanya didistribusikan melalui layanan streaming kini juga layak dinominasikan untuk mendapatkan penghargaan Grammy Awards.

Sebelumnya, syarat yang harus dipenuhi agar dapat masuk nominasi Grammy adalah ketersedian rekaman single/album tersebut untuk dibeli (offline dan online) konsumen. Kini, Recording Academy akhirnya sepakat untuk menyertakan rekaman single/album yang hanya dirilis di layanan streaming (streaming-only), seperti Spotify ke dalam nominasi openghargaan Grammy ke-59.

Rekaman single/album pada layanan streaming yang telah memenuhi syarat dan ketentuan Recording Academy saja yang akan masuk nominasi Grammy. Menurut mereka, layanan streaming valid adalah layanan yang telah menerapkan sistem langganan berbayar, katalog lengkap, dan platform on-demand streaming/limited yang telah hadir di AS minimal satu tahun.

Puncak acara penghargaaan tahunan Grammy ke-59 (59th annual Grammy awards) akan digelar pada 12 februari 2017. Hanya rekaman single dan album yang dirilis pada periode 1 Oktober 2015 dan 30 September 2016 yang masuk nominasi.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS