June 20, 2016

Mau Mudik Aman? Ikuti Tips Mudik dari Goodyear Indonesia Ini

Penulis: Desmal Andi
Mau Mudik Aman? Ikuti Tips Mudik dari Goodyear Indonesia Ini  

MOBITEKNO – Mudik aman dan nyaman tentunya menjadi dambaan bagi setiap keluarga yang melakukannya. Tradisi lebaran yang berlangsung setiap tahun ini memang banyak dilakukan demi untuk berkumpul bersama dengan keluarga dan sanak saudara. Namun, semakin meningkatnya jumlah orang yang melakukan mudik setiap tahunnya, kenyamanan di jalan pun semakin berkurang. Macet, arus kendaraan yang padat, hingga masalah lain seringkali membuat perjalanan menjadi lebih lama.

Oleh sebab itu, beberapa perusahaan otomotif memberikan tips menarik agar perjalanan bisa menjadi lebih nyaman. Salah satunya seperti yang diberikan Goodyear Indonesia, perusahaan ban selalu menemani masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan jauh dengan moda transportasi darat. Berikut ini beberapa tips dari Goodyear Indonesia untuk pembaca Mobitekno yang ingin melakukan perjalanan mudik.

  1. Pastikan Kondisi Badan Sehat Jasmani dan Rohani: Kesehatan merupakan unsur paling utama bagi masyarakat yang melakukan mudik karena biasanya jarak yang ditempuh cukup jauh. Jadi, penting untuk  memastikan tubuh dalam kondisi fit sehingga mereka bisa menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman. Selain itu, pastikan juga untuk beristirahat yang cukup pada malam hari sebelum perjalanan dimulai. Ingat! Rasa kantuk membuat sulit untuk berkonsentrasi sehingga bisa membuat bahaya di jalan raya.Tidak hanya jasmani, rohani juga diperlukan untuk menumbuhkan suasana hati yang baik dalam perjalanan.
  1. Bawalah Barang Seperlunya: Kebiasaan banyak orang saat mudik adalah membawa barang dan oleh-oleh sangat banyak untuk saudaranya di kampung. Ada baiknya selalu ingatlah dengan kondisi kendaraan. Barang-barang yang banyak membuat kendaraan menjadi lebih berat dan dapat membahayakan selain membuat boros bahan bakar. Oleh karena itu,  pilih barang yang benar-benar dibutuhkan saja untuk dimuat di kendaraan.
  1. Persiapkan Perlengkapan P3K: Jangan remehkan obat-obatan untuk perjalanan. Hal ini untuk beerjaga-jaga jika di tengah perjalanan ada salah satu penumpang sakit atau mengalami kelelahan. Selain itu, akan lebih baik lagi jika mempersiapkan nomor telpon dokter probadi atau rumah sakit agar bisa dihubungi saat Anda memerlukan konsultasi darurat.
  1. Cek Kondisi Kendaraan: Ini yang paling perlu. Kondisi kendaraan yang kurang sehat bisa membuat perjalanan menjadi lebih mahal dan tidak nyaman. Periksa semua hal penting dalam kendaraan seperti kondisi mesin, rem, AC, hingga ban. Kondisi ban harus benar-benar dijaga. Gunakan tekanan angin yang sudah ditentukan oleh produsen kendaraan. Pengecekan ban meliputi; tingkat keausan ban, tidak adanya kebocoran pada ban, dan keempukkan kompon ban dalam kondisi baik serta layak jalan. Saat menemukan keadaan ban yang mendekati tidak layak segera ganti ban agar perjalanan mudik Anda tidak terganggu.
  1. Patuhi Peraturan Lalu Lintas: Jika semua siap, perjalanan bisa dilakukan. Namun, selama perjalanan harap patuhi semua peraturan lalu lintas yang ada. Gunakan sabuk pengaman untuk keselamatan dan hindari menerima telpon saat sedang mengendarai mobil. Dengan patuh terhadap aturan lalu lintas, perjalanan pun bisa ditempuh dengan aman dan nyaman sehingga bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.
Tags: , , , ,


COMMENTS