June 20, 2016

Akuisisi Properti Yahoo, LeEco Siap Goyang Pasar Amerika Serikat

Penulis: Abdillah
Akuisisi Properti Yahoo, LeEco Siap Goyang Pasar Amerika Serikat  

MOBITEKNO – Perusahaan teknologi Tiongkok makin menancapkan kukunya di industri smartphone dunia. Setelah Lenovo yang mengakuisisi Motorola untuk meningkatkan pangsa pasar mereka di Amerika Serikat, kini ada nama LeEco yang siap melakukan ekspansi ke negeri Paman Sam.

Gebrakan yang dilakukan oleh LeEco adalah dengan membeli lahan properti seluas 50-acre atau sekitar 4840 meter persegi milik Yahoo yang berlokasi di Santa Clara, California. Pembelian lahan seharga US$ 250 juta ini juga bertujuan untuk mendukung rencana LeEco untuk memasarkan produknya di Amerika Serikat.

Menurut Silicon Valley Business Journal, nantinya perusahaan yang memiliki lebih dari 400 karyawan dengan penambahan lebih dari 1.000 orang pada akhir 2016 akan memanfaatkan lahan tersebut untuk membangun ruangan sebesar 3 juta kaki persegi yang bisa menampung hingga 12 ribu pekerja.

Tak hanya sekadar membeli lahan, LeEco juga memiliki rencana untuk segera memasarkan salah satu smartphone rancangannya ke pasar Amerika Serikat. Produk pertama yang akan dipasarkan adalah Le Max Pro yang memiliki bentang layar 6,33 inci dan ditopang kamera utama 21 MP. Daya tarik lainnya, smartphone ini telah dibekali Snapdragon 820 dan RAM 4 GB.

Tidak hanya itu, LeEco juga akan membawa layanan video streaming seperti Netflix ke pasar Amerika Serikat. Ini menjadi ekspansi mereka kedua di luar Tiongkok, setelah sebelumnya hadir di India pada bulan Januari lalu. Namun, layanan video streaming ini masih butuh waktu, karena sedang dalam tahap pembicaraan dengan produsen konten di Amerika Serikat.

Terlihat begitu agresif untuk ekspansi ke pasar Amerika Serikat, LeEco juga sampai harus merekrut penasihat hukum Joshua McGuire dari Google. Bahkan seorang analis teknologi, Rob Enderle menegaskan bahwa produsen smartphone asal Tiongkok tidak bisa sukses di Amerika Serikat tanpa adanya kehadiran yang "lebih besar" di negeri Paman Sam tersebut

Enderle juga menambahkan, Lenovo adalah salah satu contoh perusahaan Tiongkok yang sukses di pasar Amerika Serikat. Kini, tak sedikit perusahaan-perusahaan asal Tiongkok yang mulai membeli properti di Amerika Serikat untuk membangun brand yang signifikan. Tujuan lainnya adalah agar lebih efektif dalam memasarkan dan menjual produk mereka. "Ini hanya permulaan," tutup Enderle.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS