May 20, 2016

Shell SEM-DWC Tantang Para Mahasiswa di Dunia Meracik Mobil Paling Hemat dan Cepat

Penulis: Desmal Andi
Shell SEM-DWC Tantang Para Mahasiswa di Dunia Meracik Mobil Paling Hemat dan Cepat  

MOBITEKNO – Biasanya, ajang Shell Eco Marathon hanya digelar untuk kawasan Asia, Amerika, dan Eropa. Namun kini, setelah 30 tahun penyelenggaraan Shell Eco Marathon, Shell akan menggelar kompetisi baru yang akan mengadu para tim mahasiswa pemenang Shell Eco Marathon Asia, Eropa, dan Amerika dalam sebuah ajang baru bernama Shell Eco Marathon Drivers World Championship.

Shell Eco Marathon DWC ini akan berlangsung pada tanggal 3 Juli 2016, bersamaan dengan Shell Eco Marathon Europe di kota London yang akan berlangsung 30 Juni 2016 hingga 3 Juli 2016. Di Shell Eco Marathon DWC, tim-tim mahasiswa dari seluruh dunia akan berkumpul dan bertarung dalam ajang balap mobil UrbanConcept untuk menemukan mobil paling cepat dan paling hemat di dunia. Kategori UrbanConcept merupakan kategori yang melombakan mobil dengan desain yang mirip mobil-mobil di jalan raya dan menggunakan sistem pembakaran (combustion).

Untuk ajang tingkat dunia ini, dari tingkat Asia hanya ada lima tim terbaik dari Shell Eco Marathon Asia yang akan mengikuti tingkat dunia. Dari lima tim tersebut, tiga tim berasal dari Indonesia, yaitu tim Sadewa dari Universitas Indonesia, tim ITS Team 2 dari Institut teknologi Sepuluh November, dan tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kompetisi Shell Eco Marathon DWC sendiri merupakan bentuk komitmen Shell dalam membantu dunia untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat dari tahun ke tahun melalui kerjasama dengan para pelajar, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya. Ajang Shelll Eco Marathon ini akan berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park, london, Inggris.

Di ajang kompetisi ini,  pihak panitia juga mensyaratkan bahwa setiap mobil yang akan mengikuti kualifikasi ajang balap Shell Eco-marathon DWC harus memenuhi ketentuan  bahwa  mobil dapat melakukan  pengereman dalam jarak maksimal 20 meter ketika dipacu dengan kecepatan 50 km per jam. Tes pengereman harus dilakukan sebelum mobil berangkat ke London. Nantinya, pihak panitia Shell Eco-marathon  DWC akan memberikan dua kali kesempatan saja untuk uji pengereman di SEM Eropa.

Tags: , , ,


COMMENTS