May 20, 2016

‘Ribet’ Uji Kecepatan Koneksi di SpeedTest.net? Coba Saja Fast.com dari Netflix yang Super Mudah

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
‘Ribet’ Uji Kecepatan Koneksi di SpeedTest.net? Coba Saja Fast.com dari Netflix yang Super Mudah  

MOBITEKNO – Menonton video streaming merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan pengguna akhir-akhir ini. Tidak heran banyak layanan video streaming, baik gratis dan berbayar, bermunculan di seluruh dunia.

Satu hal yang perlu diketahui pengguna saat ingin menonton tayangan video streaming di Internet adalah mengetahui kecepatan Internet yang digunakannya saat ini. Apabila kecepatan rata-ratanya masih ‘pas-pasan’ atau bahkan kurang, kenyaman menonton video streaming pun akan berkurang dengan gangguan, seperti seringnya buffering dan turunnya kualitas video.

Agar pengguna bisa selalu memantau kecepatan koneksi Internet yang dipakai secara mudah dan cepat, layanan streaming video populer, Netflix, meluncurkan tool uji kecepatan Internet yang simpel dan mudah, yaitu Fast.com.

Pemilihan nama Fast.com yang singkat dan mudah diingat ini dimaksudkan Netflix agar penguna bisa langsung mengecek koneksinya dengan cepat untuk berbagai tujuan. Pengguna tidak membutuhkan pengetahuan teknis untuk menggunakan layanan ini. Cukup kunjungi website Fast.com dan proses pengujian kecepatan Internet (download) saat ini langsung dilakukan.

Selama ini, layanan yang paling sering digunakan adalah Speedtest.net yang menampilkan kecepatan ‘download’ dan ‘upload’ dari satu titik (server) ke titik lainnya. Namun, kurang informatifnya layanan dan ‘bertaburannya’ iklan (ad-banner) di website tersebut membuat tidak sedikit pengguna awam kurang menyukai Speedtest.net untuk menguji kecepatan Internet.

Berhubung Fast.com hanya menyediakan satu informasi saja (kecepatan downlaod), Netflix tidak merekomendasikan layanan sebagai referensi pengujian para teknisi jaringan dalam melakukan analisis dan diagnostik. Netflix dengan jelas menyatakan bahwa Fast.com berfungsi sebagai cara mudah bagi para konsumen untuk mengukur kecepatan Internet yang disediakan ISP bagi penggunanya.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS