November 19, 2016

Review Lenovo Yoga 300-11|BR: Perangkat 2-in-1 Minimalis untuk Anak Sekolah

Penulis: Maulana
Review Lenovo Yoga 300-11|BR: Perangkat 2-in-1 Minimalis untuk Anak Sekolah  

MOBITEKNO – Di zaman yang serba digital ini, rasanya tak lengkap jika orang tua tak membekali anaknya yang masih di bangku pendidikan dengan sebuah laptop. Pasalnya, banyak tugas-tugas sekolah yang bisa diselesaikan dengan perangkat tersebut. Namun terkadang ada beberapa konten multimedia yang lebih asik jika dinikmati dengan tablet. Oleh karenanya, perangkat 2-in-1 bisa jadi alternatif pilihan ketimbang membeli dua perangkat yang terpisah.

Berbekal engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat, Lenovo Yoga 300-11|BR tak cuma bisa difungsikan sebagai notebook, tetapi juga tablet sesuai dengan keinginan pengguna. Dimensi layar 11,6 inci dan harga yang terbilang cukup terjangkau, membuatnya cocok digunakan untuk anak sekolah.

Mengadopsi prosesor dual-core Intel Celeron N3050 berkecepatan 1,6 GHz dan RAM DDR3 berkapasitas 4 GB, apa saja yang bisa dilakukannya? Berikut review Lenovo Yoga 300-11|BR selengkapnya.

Kelengkapan

Pada paket penjualannya, Lenovo menyertakan sebuah adaptor yang terbilang cukup mungil sehingga pengguna bisa membawanya dengan mudah.

Berikut paket penjualan Lenovo Yoga 300-11|BR.

  • Unit Lenovo Yoga 300-11|BR
  • Baterai
  • Kartu Garansi
  • Buku Manual
  • Setup Guide

Desain

Meski bukan termasuk ke dalam jajaran produk kelas atas, Lenovo berusaha membalut Yoga 300-11|BR dengan desain premium. Hal ini terlihat dari pemilihan material yang diusungnya. Pada bagian luar, perangkat 2 in 1 ini dilapisi oleh bahan polycarbonate dengan cat doff polos. Sedangkan bodi bagian dalamnya dilapisi dengan material aluminium.

Mengusung layar sentuh 11,6 inci yang beresolusi 1.366 x 768 membuat dimensi keseluruhan perangkat ini tampil mungil. Sayangnya, bodi yang diusungnya masih cukup tebal sehingga bobotnya tergolong berat, sekitar 1,4 Kg. Salah satu komponen yang membuat bodinya tebal adalah panel LCD touchscreen.

Berbekal dua buah engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat, Yoga 300-11|BR bisa digunakan dalam empat mode yang berbeda, yakni laptop, tent, stand, dan tablet. Dengan begitu, pengguna bisa mengubah-ubah rupa perangkat sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memaksimalkan fungsinya, pada sisi kiri terdapat sebuah port USB 2.0 dan card reader. Sementara pada sisi kanan terdapat sebuah port USB 2.0, USB 3.0, HDMI, dan ethernet. Agar terasa optimal saat digunakan dalam mode tablet, Lenovo tidak meletakkan tombol power pada bodi bagian dalam, melainkan pada sisi samping. Tak cuma itu, tombol volume up, volume down, dan lock auto rotate juga diletakkan pada sisi samping sehingga pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah pada mode tablet.

Agar tetap nyaman pada saat digunakan untuk mengetik, Lenovo Yoga 300-11|BR mengusung keyboard chiclet dengan ukuran tuts yang cukup lebar. Begitu juga dengan dimensi touchpad yang ada pada sisi bawahnya. Dengan begitu, pengguna bisa bernavigasi dengan nyaman.

Fitur

Pada saat pertama kali digunakan, pengguna tak perlu lagi repot-repot untuk menginstall Windows. Pasalnya, pada Lenovo Yoga 300-11|BR sudah terinstall sistem operasi Windows 10 Home Single Language versi 64-bit. Oleh karena itu, pengguna hanya perlu melakukan konfigurasi awal.

Tak cuma sistem operasi, beberapa aplikasi eksklusif bawaan Lenovo juga sudah terinstall untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat. Di antaranya adalah Lenovo Photo Master, Lenovo EasyCamera, Lenovo Battery Gauge, Lenovo FusionEngine, Lenovo OneKey Recovery, Lenovo Quick Optimizer, Lenovo Solution Center dan Lenovo Utility.

Tak cuma itu, aplikasi SHAREit juga sudah terpasang secara otomatis sehingga pengguna tak perlu lagi mendownload dan menginstallnya secara manual. Aplikasi ini sendiri berfungsi untuk melakukan transfer data lintas platform melalui jaringan Wi-Fi.

Agar tak rentan terhadap ancaman keamanan seperti virus, malware, dan lain-lain, Yoga 300-11|BR juga dilengkapi dengan McAfee LiveSafe sebagai aplikasi antivirus, anti-malware, dan firewall. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan dalam waktu yang terbatas (trial).

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Always-on USB. Fitur ini memungkinkan seluruh port USB yang terdapat pada Yoga 300-11|BR untuk terus menyala walaupun perangkat dalam keadaan mati. Dengan begitu, pengguna bisa memanfaatkannya sebagai power bank. Atau, dengan kata lain pengguna bisa mengisi baterai gadget hanya dengan menghubungkan kabel USB ke Lenovo Yoga 300-11|BR.

Performa

Dibekali dengan prosesor dual-core Intel Celeron N3050 membuat performanya terbilang biasa-biasa saja walaupun memiliki kecepatan 1,6 GHz dan bisa meningkat hingga 2,16 GHz. Namun dengan konsumsi daya maksimal yang hanya 6 watt, panas yang dihasilkan oleh chip prosesor nya pun tergolong rendah sehingga Lenovo bisa merancang Yoga 300-11|BR dengan pendingin pasif (tanpa kipas). Di sisi lain, hal tersebut juga membuat daya tahan baterainya lebih lama.

Ketika diuji untuk membuka beberapa aplikasi produktivitas seperti Office 2013 dan browser, perangkat yang dibekali RAM 4 GB DDR3 ini masih sanggup menjalankannya dengan cukup mulus. Hanya saja, Anda harus sedikit bersabar untuk menunggu waktu loading ketika pertama kali dibuka.

Setelah menjalankan lebih dari 3 aplikasi sekaligus pada Lenovo Yoga 300-11|BR, seperti Word, Excel, Powerpoint, Google Chrome, dan aplikasi pemutar musik, baru terjadi degradasi performa sehingga terkadang terasa tersendat-sendat.

Berikut hasil pengujian yang dilakukan dengan beberapa aplikasi benchmark seperti 3DMark, PCMark 8, dan Cinebench R15:

 

 


Spesifikasi

Berikut ini merupakan spesifikasi lengkap Lenovo Yoga 300-11|BR:

 Prosesor/CPU  Intel Celeron N3050 (base 1.6 GHz, Turbo 2.16 GHz)
 RAM/Memori  4 GB DDR3L (bisa di-upgrade ke 8 GB)
 Layar  11.6 inci (1366 x 768 pixel, TN panel, layar sentuh, integrated camera)
 Media Storage  HDD 500 GB
 Connectivity  Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, Gigabit LAN
 Port  1 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, HDMI, SD card- reader, headphone jack, RJ45
 Baterai  Li-Polymer 2 cell (32 Wh) berdurasi 4-5 jam
 Sistem Operasi  Windows 10 Home Single Language 64-bit
 Dimensi  299 x 209 x 22 mm
 Berat  1.36 kg
 Lain-lain  non-backlit keyboard, tersedia dalam warna  hitam/putih, Webcam 0.3 MP, HD Digital Mic.

 

Dengan spsesifikasi yang ditawarkan, terlihat bahwa perangkat ini disasar untuk segmen menengah ke bawah yang membutuhkan notebook corvertible dengan harga terjangkau.

Kesimpulan

Tak mengadopsi prosesor kelas atas membuat performa Lenovo Yoga 300-11|BR terasa biasa-biasa saja. Bahkan, untuk pengguna yang biasa bekerja secara multitasking (membuka banyak aplikasi dalam satu waktu), kinerjanya terbilang lambat meski sudah dibekali dengan RAM 4 GB. Walau begitu, perangkat 2-in-1 ini masih sanggup berjalan lancar untuk kebutuhan mendasar seperti browsing dan mengetik.

Namun dibalik performa yang pas-pasan, Lenovo Yoga 300-11|BR mempunyai dua buah engsel yang dapat diputar hingga 360 derajat sehingga ia bisa dioperasikan dalam empat mode yang berbeda (laptop, tent, stand, dan tablet). Sebagai laptop dan tablet, fiturnya pun tergolong lengkap untuk menunjang produktivitas dengan adanya port HDMI, card reader, 2 x USB 2.0, dan 1 x USB 3.0.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, sebagai sebuah perangkat 2-in-1 harga jual Lenovo Yoga 300-11|BR terbilang cukup terjangkau. Oleh karena itu, jika dilihat secara keseluruhan, perangkat ini lebih cocok digunakan untuk kalangan pemula seperti anak sekolah.

Tags: , , , ,


COMMENTS