November 19, 2016

Pembalap Paris-Dakar Ikut Uji Ketangguhan Nissan Navara di Gurun Sahara

Penulis: Elizabeth Swanti
Pembalap Paris-Dakar Ikut Uji Ketangguhan Nissan Navara di Gurun Sahara  

MOBITEKNO – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali menjajal ketangguhan Nissan Navara. Tak main-main, NMI menguji kendaraan kabin ganda yang ikonik ini di salah satu medan terberat di Gurun Sahara, Maroko, Afrika Utara. Waktu pengujian sendiri dilakukan oleh NMI pada pertengahan bulan November ini.

Head of Communication NMI, Hana Maharani, mengatakan sejak meluncur di Indonesia pada tahun 2015 lalu, Nissan Navara telah berhasil melewati beragam pengujian, mulai dari merambah Aceh dengan kawasan Leuser-nya yang liar, menanjak di Gunung Tambora, menjelajah Gunung Sibayak dan 50 gunung lainnya di Tanah Air.

"Mencicipi trek off-road dengan sensasi padang pasir di Gurun Sahara, Maroko, adalah hal yang paling menantang karena kontur gunung pasirnya berbeda dengan yang dilewati selama ini. Cuaca yang ekstrem tidak hanya menguji kendaraan tetapi juga manusia yang mengemudikannya," ujar Hana.

""

Dalam uji kemudi di Gurun Sahara, peserta menggunakan Nissan Navara spesifikasi Eropa, dengan mesin diesel 2.3L dengan versi 160PS single-turbo dan 190PS twin turbo. Perjalanan dimulai dengan melakukan warming lap, kemudian dilanjutkan dengan long lap secara berkelompok, dengan total perjalanan 182 kilometer dan ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam.

Ramon Vila, pembalap berpengalaman dalam Paris-Dakar Rally bersama Nissan, mengatakan, "Saya sudah mencoba berbagai jenis kendaraan 4×4 di gurun pasir. Dari semua kendaraan yang saya coba, performa Navara adalah yang terbaik. Kunci keunggulan Navara mengatasi tantangan Sahara, salah satunya terletak pada fitur Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA)."

Nissan Navara merupakan bukti keahlian Nissan selama 80 tahun membuat kendaraan pick-up yang handal. Navara telah dipasarkan di 100 negara di dunia. Di Indonesia, Nissan Navara memimpin 40 persen pangsa pasar di segmen kabin ganda privat pada akhir tahun fiskal 2015 lalu. Beragam penghargaan pun juga sudah diraih oleh Nissan Navara.

""

Di Indonesia, Navara memperoleh 'Best Double Cabin" dari AutoBild Indonesia Award 2015 dan "Mobil Double Cabin Paling Membahagiakan" di 2016 dari survey Otomotifnet. Sedangkan lingkup internasional, Nissan Navara menyandang predikat "International Pick Up of The Year Award 2016", dari International Pick-Up Truck Award Eropa, dan "Truck of The Year 2015" dari Car Awards Group Inc. di Filipina.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS