February 19, 2016

Foto Terbaru Ungkap Galaxy S7 Belum Mau ‘Move-on’ dari Port Micro-USB

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Foto Terbaru Ungkap Galaxy S7 Belum Mau ‘Move-on’ dari Port Micro-USB  

MOBITEKNO – Menjadi produsen premium smartphone Android tidak serta-merta membuat Samsung menjadi perintis dalam mengadopsi teknologi baru. Ambil contoh teknologi port baru USB Type-C (USB-C) yang sudah mulai diadopsi oleh beberapa produsen smartphone atau notebook.

Setelah foto rendering Galaxy S7 dari blogger Evan Blass (@evleaks) sempat mengindikasikan penggunaan port Micro USB, kini foto terbaru yang bocor menunjukkan penampakan jenis port USB yang lebih jelas.

Berdasarkan foto yang berasal dari pengguna microbloging Weibo, Misaka, jelas memperlihatkan bahwa jenis port USB pada Galaxy S7/Edge nanti adalah USB Type-C.

Port USB Type-C sudah cukup banyak diadopsi oleh beberapa produk premium. Produk yang dirilis paruh kedua tahun lalu yang sudah ‘berani’ menggunakan port USB Type-C antara lain Huawei Nexus 6P, LG Nexus 5X, Lumia 950/950 XL, Lenovo ZUK Z1, Xiaomi Mi 4c, Gionee S6, Meizu PRO 5, Chromebook Pixel 2, hingga MacBook.

Smartphone yang awal-awal sudah memakai port USB anti terbalik atau bolak-balik ini adalah OnePlus 2 (diumumkan sejak Juli 2015). Meski masih berstandar USB 2.0 atau belum USB 3.1 seperti pada Lumia Lumia 950/950 XL, OnePlus cukup berani mengadopsinya sejak awal.

Selain bisa dicolok bolak-balik, port USB Type-C juga dianggap lebih awet karena desain ujung kabel USB Type-C tidak ‘terpapar’ kotoran seperti pada ujung kabel Micro-USB. Lebih mudahnya kotoran menempel pada ujung kabel Micro-USB membuat port Micro-USB pada smartphone pun lebih cepat kotor (otomatis lebih rentan rusak).

Samsung memang akan punya alasan tersendiri jika saat acara peluncuran Samsung Galaxy Unpacked 2016 pada Februari nanti, Galaxy S7 dan varian Edge-nya memang tidak mendukung port USB Type-C.

Alasannya mungkin tidak akan jauh dari pertimbangan Samsung untuk lebih memilih transisi perlahan ketimbang harus melakukan perubahan mendadak. Dengan kata lain, Samsung lebih memilih ‘bermain aman’ ketimbang mengambil risiko dalam berinovasi seperti yang selama ini dilakukan Apple.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS