January 19, 2016

Kini Whatsapp Benar-Benar Gratis untuk Semua Platform Mobile

Penulis: Desmal Andi
Kini Whatsapp Benar-Benar Gratis untuk Semua Platform Mobile  

MOBITEKNO – Setelah beberapa tahun menerapkan sistem penggunaan gratis untuk tahun pertama, dan bisa diperpanjang lagi, kini aplikasi instant messenger populer Whatsapp benar-benar menggratiskan penggunaannya untuk semua platform mobile. Keputusan ini diambil Facebook baru-baru ini selaku pemilik Whatsapp.

Latar belakang lainnya mengapa Whatsapp digratiskan secara penuh karena pada kenyataannya masih banyak orang di dunia yang menggunakan Whatsapp tidak memiliki akses ke kartu kredit atau artu debit. Pihak Whatsapp juga tidak menginginkan para penggunanya merasa khawatir akan kehilangan kontak teman-teman dan saudaranya setelah penggunaan Whatsapp selama satu tahun.

Namun, ada juga yang mengkhawatirkan kenyamanan dalam menggunakan Whatsapp akan hilang karena bisa saja Whatsapp menerapkan iklan di tengah-tengah percakapan di dalam aplikasi. Whatsapp menegaskan hal itu untuk saat ini tidak akan terjadi karena mereka akan mencari model bisnis yang yang baru untuk mendapatkan keuntungan tanpa harus mengorbankan kenyamanan pengguna.

Salah satu cara untuk mendapatkan bisnis adalah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar seperti penerbangan atau perbankan. Whatsapp akan membuat aplikasi mereka secara komersial untuk kebutuhan tersebut. Yang terpenting bagi pemilik Whatsapp adalah konsumen tidak mendapat hal negatif akibat dari akuisisi Whatsapp oleh Facebook beberapa waktu yang lalu.

Tags: , , ,


COMMENTS