October 18, 2016

Tesla dan Panasonic akan Jalin Kerjasama untuk Panel Surya

Penulis: Desmal Andi
Tesla dan Panasonic akan Jalin Kerjasama untuk Panel Surya  

MOBITEKNO – Perusahaan mobil listrik, Tesla, berencana untuk menjalin kerjasama dengan Panasonic untuk membangun modul panel surya Photovoltaic Cells di lokasi pabriknya yang baru, SollarCity Buffalo, New York. Namun, kerjasama ini bergantung pada persetujuan para pemegang saham dalam rencana Tesla mengakuisisi SolarCity. Jika disetujui, Tesla akan membuat kontrak pembelian sel surya ini untuk jangka panjang.

“Sel Panasonic PV dan modulnya merupakan pembangkit listrik untuk industri-industri terkemuka karena memiliki kualitas tinggi dan andal,” ujar Shuuji Okayama, Vice President Panasonic Eco Solution Company, dikutip dari Leftlane. “Kami berharap bahwa pembicaraan kerjasama ini dapat menumbuhkan hubungan yang lebih baik antara Tesla dan Panasonic,” tambah Okayama.

Panasonic selama ini juga membantu Tesla dalam memproduksi baterai Lithium-ion mobil-mobil Tesla. Panasonic merupakan kunci dari produksi baterai Tesla yang mencapai US$ 5 miliar di pabrik Nevada dengan memperkerjakan lebih dari 6.000 pekerja. Dengan adanya kerjasama lebih lanjut dengan Panasonic, Tesla berharap dapat mengurangi biaya penggunaan energi hingga di bawah US$ 100 per kWh.

 

Tags: , , ,


COMMENTS