August 18, 2016

Tahun 2017 untuk Pertama Kalinya Shell Eco-Marathon Asia Dihelat di Singapura

Penulis: Desmal Andi
Tahun 2017 untuk Pertama Kalinya Shell Eco-Marathon Asia Dihelat di Singapura  

MOBITEKNO – Kompetisi merancang mobil masa depan yang hemat dan ramah lingkungan dari para pelajar dan mahasiswa, Shell Eco-Marathon Asia, pada tahun 2017 untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di Singapura. Kompetisi ini akan menjadi acara utama pada festival ‘Make the Future-Singapore’ yang digagas Shell dan baru pertama kali diadakan oleh Shell di negara Singa tersebut. Festival ini akan berlangsung pada tanggal 16 – 19 Maret 2017 di Changi Exhibition Center serta gratis terbuka untuk umum.

Di Make The Future Singapura, para pengujung akan diajak untuk merasakan sendiri hasil gagasan, menyumbangkan idenya dan bergabung dalam perjalanan menuju masa depan yang hemat energi dan rendah karbon. Melalui zona realitas virtual dan percobaan langsung, pengunjung dapat mengeksplorasi apa yang terjadi saat ini dan melihat seperti apa energi masa depan. Singapura dipilih sebagai lokasi pertama di Asia untuk Make The Future karena lokasinya yang strategis dan infrastruktur yang baik untuk mendukung penyelenggaraan konvensi dan pameran.

“Dunia kita menghadapi salah satu tantangan terbesar yaitu menghasilkan lebih banyak energi, sekaligus mengurangi gas buang CO2. Singapura juga termasuk negara yang menghadapi tantangan energi global,” ujar Goh Swee Chen, CEO Shell Singapura. “Melalui Make The Future Singapura, kami berharap melihat gagasan cemerlang dapat direalisasikan menjadi tindakan/aksi, membuka potensi yang ada di seluruh kawasan dan bekerja sama untuk mengubah yang potensi menjadi solusi yang nyata untuk Asia, dan dunia yang lebih luas,” tambah Goh Swee Chen.

Di acara Shell Eco-Marathon Asia ini, para pelajar dan mahasiswa dapat membangun satu atau dua tipe kendaraan dalam bentuk prototype atau UrbanConcept. Namun, dalam membangun kendaraan tersebut, tim pelajar tidak hanya dituntut untuk memilih tipe kendaraan yang dibuat, tetapi juga diminta untuk menentukan jenis sumber energi yang digunakan oleh kendaraan tersebut.

“Dengan hadirnya Shell Eco-marathon Asia di Singapura dan menjadi bagian dari festival “Make the Future” yang lebih besar, kami berharap ajang ini dapat menginspirasi lebih banyak anak muda berbakat untuk berkontribusi dalam menciptakan teknologi canggih di bidang energi dan mobilita,” kata Norman Koch, General Manager, Shell Eco-marathon.      

Shell Eco-marathon Asia 2017 di Singapura juga akan memperkenalkan “Regional Driver’s Championship”, sebuah ajang balapan yang sangat menarik dimana tim-tim terbaik dari Asia akan bersaing untuk memperebutkan tempat di Drivers’ World Championship (DWC) di London pada 2017 yang  merupakan ajang  balapan untuk melihat siapa yang mengemudi paling efisien dan hemat energi.  

Tags: , ,


COMMENTS