July 18, 2016

Tidak Cukup untuk Jalan Aspal, Jaguar Land Rover Kembangkan Sistem Otonom untuk Offroad

Penulis: Desmal Andi
Tidak Cukup untuk Jalan Aspal, Jaguar Land Rover Kembangkan Sistem Otonom untuk Offroad  

MOBITEKNO – Mobil otonom jangan hanya untuk jalan raya yang mulus beraspal saja. Jangan ada batasan mengenai sistem mengemudi otomatis. Inilah yang diinginkan Jaguar Land Rover untuk mobil-mobil buatannya.

Perusahaan otomotif ini kini sedang dalam proses untuk mengembangkan teknologi otomatuis pada kendaraan yang bisa menangani berbagai macam bentuk jalan di depannya. Nantinya, mobil tetap dapat mengidentifikasi kondisi di depannya, walau sudah keluar dari jalan raya yang mulus, tetap tanpa bantuan pengemudi.

“Kami tidak ingin ada batasan dalam mengembangkan teknologi mengemudi otomatis sehingga hanya samai di jalan beraspal,” ujar Tony Harper, R&D Jaguar Land Rover, seperti dikutip dari Motorauthority. “Ketika pengemudi berbelok keluar jalan raya, kami ingin sistem tetap membimbing mobil tersebut,” tambahnya.

Untuk menganalisis berbagai medan jalan, tentunya akan ada banyak sensor di bagian kendaraan, seperti kamera, radar, ultrasonik, hingga LIDAR agar sistem dalam kendaraan bisa mendeteksi situasi di depan hingga jarak 5 meter. Sensor-sensor ini akan menganalisis dan selanjutnya menyesuaikan dengan keadaan kendaraan. Artificial Inteliigent dalam kendaraan dibutuhkan di sini, untuk mengoleksi data kondisi di sekitar kendaraan sehingga sistem dalam kendaraan bisa memprediksi semua situasi yang akan dihadapinya, termasuk tabrakan.

Bagi Jaguar Land Rover, pengembangan sistem otonom di segala kondisi jalan ini akan membawa banyak manfaat tidak hanya di kondisi offroad, seperti dapat membantu pengemudi saat cuaca buruk atau tebalnya salju melanda dihadapan kendaraan.

Namun, demi keamanan, Jaguar Land Rover tampaknya akan tetap melibatkan pengemudi dalam teknologi ini. Pengemudi masih dapat mengambil kontrol kendaraan secara penuh.

Tags: , , ,


COMMENTS