December 17, 2016

Croove Jadi Platform Car Sharing Pertama dari Mercedes-Benz

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Croove Jadi Platform Car Sharing Pertama dari Mercedes-Benz  

MOBITEKNO – Tidak perlu membeli mobil terbaru jika Anda hanya perlu mencobanya (test drive) untuk mengetahui berbagai keunggula dan kecanggihannya secara personal. Inilah konsep yang ditawarkan produsen mobil Jerman kenamaan Mercedes-Benz dalam menghadirkan platform car sharing terbarunya Croove.

Baru terbatas di kota Munich, Jerman, produsen Mercedes-Benz meluncurkan platform car sharing Croove yang diklaim bisa mentransfromasi pandangan konsumen terhadap mobil. Layanan Croove memungkinkan pengguna menyewa mobil dari pemilik kendaraan yang kebetulan memiliki kendaraan terntetnu lainnya untuk dijajal oleh mereka.

Mercedes menjelaskan bahwa Croove dapat membuka peluang bagi penguna yang tidak memilki mobil  Mercedes untuk mencoba lebih jauh mobil model terakhir dari produsen otomotif tersebut secara mudah dan cepat. 

Croove bukanlah layanan pertama yang menawarkan konsep berbagai mobil pribadi untuk dipinjamkan. Sebelumnya sudah hadir Turo di Amerika Serikat dan Snappcar di Belanda yang menyediakan layanan yang tidak jauh berbeda dengan Croove dengan konsep berbeda.

Layanan Croove sepertinya dihadirkan Mercedes-Benz untuk mendukung konsep produsen yang terangkum dalam CASE (Connectivity, Autonomous Driving, Sharing and Electric Drive Systems).

Menurut Mercedes-Benz, Croove lebih ekonomis dan fleksiebel dibandingkan layanan sewa/rental konvensional yang ada selama ini. Belum lama Nissan juga telah memperkenalkan layanan car sharing dengan implementasi berbeda karena hanya menawarkan pembagian kepemillikan kendaraan dan bukannya menyewa atau penggunaan kendaraan temporer seperti Croove.

Croove saat ini baru diterapkan di kota Munich, Jerman. Pada mendatang, Mercedes-Benz akan melihat peluang lebih jauh dalam memperluas layanan tersebut di lokasi lainnya. Aplikasi Croove saat ini baru tersedia untuk perangkat iOS. Menurut Mercedes, dukunga untuk perangkat Android akan segera menyusul.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS