August 17, 2016

Lexus LF-FC Tonjolkan Visi Lexus untuk Kendaraan Masa Depan

Penulis: Desmal Andi
Lexus LF-FC Tonjolkan Visi Lexus untuk Kendaraan Masa Depan  

MOBITEKNO – Ada yang menarik jika Anda mengunjungi booth Lexus di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016. Booth pabrikan asal Jepang ini menampilkan kendaraan masa depan mereka yang menonjolkan teknologi dan tenaga yang kuat, yaitu Lexus LF-FC (Lexus Future-Fuel Cell). Lexus LF-FC merupakan kendaraan konsep masa depan yang menggunakan fuel cell, sesuai dengan visi Lexus yang ingin menciptakan kendaraan ramah lingkungan di masa yang akan datang. Hadirnya Lexus LF-FC juga diharapkan dapat menginspirasi para pelaku industri otomotif dunia agar bersama-sama bergerak menuju kendaraan ramah lingkungan.

Sebelum hadir di GIIAS 2016, lexus LF-FC sudah pernah tampil di Tokyo Motor Show 2015 dan geneva Motor Show 2016. Lexus LF-FC sendiri tidak hanya sekadar sebagai kendaraan ramah lingkungan, tetapi kendaraaan yang dilengkapi teknologi mutakhir, baik di sisi eksterior maupun interior. Dari data yang didapat pihak Toyota, lexus LF-FC mengisyaratkan gaya desain baru yang lebih segar dan futuristik dengan membawa filosofi desain L-Finesse, yang membuat konsep ini akan terlihat agresif, dilihat dari sudut pandang manapun. Namun tetap, kendaraan ini menampilkan aura sebagai kendaraan grand touring.

Dari sisi eksterior, Spindle Grille yang ada di bagian depan merupakan ciri khas Lexus LF-FC dengan sisi kiri dan kanannya dilengkapi L-Shaped Daytime Running Light yang terlihat membelah fender depan. Di bagian belakang, kendaraan ini juga memiliki tail light yang baru, mengadopsi konsep yang sama dengan DRL.

Lexus LF-FC dengan model coupe 4 pintu ini juga menggunakan velg berukuran 21 inci sporty yang terbuat dari bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP). Dari bagian interior,Lexus LF-FC penuh dengan kesan futuristik dengan kokpit berteknologi tinggi. Jika dilihat secara eye-level, kursi depan terlihat mengambang, sementara kursi belakang didesain bagi mereka yang suka berkendara, menawarkan fitur reclining dengan ruang kepala dan kaki yang lega. Dibalut dengan kulit semi-aniline berkualitas tinggi diharapkan mampu meningkatkan nuansa mewah kabin Lexus LF-FC ini.

Yang menarik dari Lexus LF-FC ini adalah disematkannya teknologi Human Machine Interface (HMI) di dalam kokpit. Teknologi ini memungkinkan pengemudi mengoperasikannya tanpa harus menyentuh sebuah panel atau tombol. Sebuah citra hologram kecil pada konsol tengah juga menandakan bahwa sistem dapat merespon perintah dari pengemudi, mulai dari audio hingga ventilasi.

Lalu, bagaimana dengan tenaga pendorongnya? Ini sisi yang paling menarik untuk sebuah kendaraan masa depan. Lexus LF-FC mengaplikasikan teknologi Fuel Cell berperforma tinggi yang dapat menyalurkan daya ledak ke penggerak roda belakang, serta menyalurkan daya lain ke sebuah motor elektris ke roda penggerak depan. Dengan sistem ini membuat Lexus LF-FC bisa dikatakan kendaraan dengan penggerak 4 roda.

Menggunakan teknologi berkendara otomatis, dengan kemampuan menganalisa kondisi jalanan sekitar, termasuk prediksi hingga penentuan analisa, Lexus LF-FC menghadirkan sensasi berkendara yang aman dan efisien bagi para pengemudi dan penumpangnya sebagai sebuah langkah maju atas visi dunia tanpa kecelakaan lalu lintas.

Dimensi LEXUS LF-FC:

Panjang

5,300 mm

Lebar

2,000 mm

Tinggi

1,410 mm

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES